Sejarah Wolverhampton Wanderers FC

Wolverhampton Wanderers atau FC Wolves adalah Sebagai salah satu klub tua di Inggris Raya, Wolves tentu punya banyak sejarah dan cerita. Berikut ini beberapa klub sepakbola di Inggris memang memiliki sejarah panjang dibelakangnya. Nama-nama seperti Aston Villa, Stoke City, Everton dan Wolverhampton Wanderers bahkan merupakan bagian dari liga sepakbola profesional tertua di dunia yang pertama kali diadakan tahun 1888-89.

Sejarah

Wolves tidak sama dengan Wanderers FC. Padahal mereka adalah klub yang berbeda. Wanderes FC  yang sudah ada saat itu, dan berdiri pada tahun 1877 dan merupakan salah satu tim asli yang ikut serta ketika Football League berdiri pada tahun 1888. Pada musim yang sama tahun tim berhasil mencapai final di Piala FA, yang berakhir dengan kekalahan melawan Preston North End . Wolverhampton sekali lagi akan mencapai final di turnamen yang sama empat tahun kemudian dan dapat merayakan kemenangan saat itu.

Wolverhampton Wanderers FC dalam sejarah awalnya bernama St. Luke’s FC dan klub ini adalah bagian dari 12 klub yang menjadi peserta Football League (EFL) musim pertama. Wolves termasuk sebagai klub papan tengah pada masa sekarang. Namun pada tahun 1950-an, klub ini pernah mengalami masa kejayaannya. Wolves menjadi juara liga sebanyak tiga kali ketika Stan Cullis yang menjadi manajernya. Sebuah pencapaian tersebut yang sampai saat ini belum bisa terulang oleh Wolves, bahkan sepertinya berat untuk mengulang kembali kejayaannya tersebut.

Wolverhampton Wanderers FC telah memenangkan liga top Inggris tiga kali, yaitu tahun 1954, 1958 dan 1959. Mereka juga telah memenangkan Piala FA empat kali dan dua kali Piala Liga Sepakbola. Mereka juga pernah berhasil mencapai final Piala UEFA pada tahun 1972. Dua pemain yang paling menonjol adalah Billy Wright dan Bill Slater.

Stadion Wolverhampton Wanderers FC

Kandang kebanggaan mereka adalah Molineux Stadium. Nama Molineux Stadium mungkin kalah tenar dengan nama-nama seperti Old Trafford atau Stamford Bridge dan Anfield. Namun, jika berkaitan dengan sejarah, Molineux adalah salah satu stadion sepakbola yang penuh dengan sejarah dalam persepakbolaan Liga Inggris. Karena, Stadion ini merupakan salah satu stadion pertama yang jadi markas Wolves ketika English Football League ( EFL ) dibentuk dan mereka masih setia menggunakan stadion kebanggaan mereka tersebut sampai saat ini.

Molineux pernah juga menjadi stadion kandang tim nasional Inggris ketika bertanding melawan negara-negara lain.  Seperti Irlandia, Wales dan Denmark pada tahun 1800-an. Pada masa sekarang, tim nasional Inggris U-21 yang masih tetap menggunakan stadion ini untuk pertandingan internasional mereka.Ketika televisi menjadi konsumsi masyarakat Eropa secara masif pada tahun 1950-an, Molineux Stadium menjadi stadion pertama di Inggris yang sudah menggunakan lampu sorot (floodlight).

Di tahun awal musim 2018/19, Molineux Stadium juga terkenal sebagai stadion paling ‘berisik’ di Premier League pada musim 1018/19. Padahal, stadion ini hanya berkapasitas sekitar 30.000 tempat duduk, sangat jauh berbeda dengan  kandang Manchester United, Old Trafford yang berkapasitas lebih dari 70.000 tempat duduk. Namun soal “berisik”-nya stadion ini masih kalah dengan Molineux. Hal ini terjadi karena para pendukung Wolves yang terkenal sangat loyal.

Rival Sekota

Di Liga Inggris ada sebuah derby yang terkenal dengan Sebutan Black Country Derby. Dan Wolves sendiri merupakan bagian dari Black Country derby tersebut bersama West Bromwich Albion dan Walsall. Namun, karena Walsall berada di Level Divisi yang berbeda, Maka Black Country derby lebih sering terkenal antara pertandingan Wolves dan West Brom saja. Ketika beberapa tahun lalu mereka baru kembali ke Liga Premier Inggris dari Divisi Championship. Mereka berhasil menembus kompetisi Eropa, yaitu pada musim 2018/19.

Info Dasar

Berdiri : 1882

Negara: Inggris

Kota: Wolverhampton

Stadion

Molineaux Stadium

Prestasi

Divisi Pertama/Liga Premier : 2

Piala FA : 8

Piala Liga Sepak Bola : 2

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: