Sejarah West Ham United FC

West Ham United adalah klub yang berasal dari kota london yang terkenal selalu menghasilkan pemain – pemain muda berbakat dalam sejarah Liga Inggris. Dengan gaya permainan mereka yang menarik, West Ham United jelas merupakan Klub yang unik di dunia sepak bola Inggris. Mereka memiliki reputasi sebagai Tim spesialis piala. Selain memenangkan Piala Winners pada tahun 1965, mereka juga telah mengklaim tiga piala Piala FA. Sejak awal 50-an, klub ini telah terkenal dengan penghasil pemain muda yang berbakat Lulusan Akademi sepakbola mereka. Tak sedikit  pemain muda dan berbakat jebolan Akademi mereka.

Sejarah Berdirinya West Ham United

Meskipun klub berubah nama menjadi West Ham United FC pada pergantian abad kedua puluh. Kembali lagi ke tahun 1885 ketika awal berdirinya Thames Ironworks FC. Arnold Hills orang yang mendirikan Klub ini, adalah seorang direktur departemen galangan kapal Thames Ironworks. Idenya adalah bahwa dengan membentuk tim sepak bola akan meningkatkan hubungan yang levih dekat lagi antara manajemen dan pekerja. Awal mula mereka yang sederhana sebagai tim pekerja adalah bagian besar dari awal sejarah West Ham. Ini terlihat jelas dalam julukan klub yang paling populer, yaitu The Hammers and the Irons ( Palu dan Besi ) serta pada lambang klub. Mereka masih menampilkan sepasang paku keling silang dan sebuah palu.

Pada tahun-tahun awal klub terbentuk mereka bermain di Liga amatir seperti, Liga London, Liga Selatan dan Liga Barat. Kemudian baru pada tahun 1919, West Ham masuk menjadi anggota Football League dan berpartisipasi di divisi kedua musim pertama setelah perang dunia. Empat tahun kemudian, tim berhasil  promosi ke divisi pertama. Pada tahun yang sama, West Ham United ikut ambil bagian dalam sejarah sepak bola Inggris. Itu adalah final Piala FA pertama yang berlangsung di Stadion Wembley dan diperkirakan penonton yang hadir lebih dari 200.000 orang. Tapi sayangnya dalam pertandingan tersebut, mereka mengalami kekalahan dari Bolton Wanderers.

Masa kejayaan West Ham

Sampai pada tahun 50-an, West Ham hanya termasuk klub yang biasa-biasa saja, meskipun dengan basis penggemar yang banyak. Tetapi, ketika Ted Fenton mengambil alih sebagai manajer hal-hal besar akhirnya mulai berubah menjadi lebih baik. Selama sebelas tahun bersama klub, Fenton menjadikan sekolah pemuda klub sebagai bagian integral dari identitas klub. Perubahan filosofi ini menyebabkan West Ham membentuk tim berbakat yang dipimpin oleh Bobby Moore, yang akan segera menjadi salah satu bintang sepak bola terbesar di zamannya.

Pada Tahun 60-an klub mulai menuai hasil dari program jangka panjang mereka pada sekolah akademi muda mereka. West Ham mengklaim Trofi pertama mereka dengan mengalahkan Preston North End di final Piala FA pada tahun 1964. Kemudian tahun berikutnya, klub bahkan melaju lebih jauh lagi, setelah mereka mendapatkan juara di Piala Winners, mengalahkan 1860 Munich di final dengan dua gol dari Alan Seeley.

West Ham meneruskan tradsi mereka dengan trofi piala FA mereka. Ketika, mereka memenangkan dua Piala FA lagi pada tahun 1975 dan 1980 sebelum akhirnya memudar dan jauh dari pemberitaan. Sementara klub masih  tetap berpegang pada filosofi sepakbola menyerang mereka. Akan tetapi West Ham tidak pernah memenangkan trofi lain selama beberapa dekade berikutnya. Namun, mereka tetap menjadi salah satu Klub sepak bola Inggris yang paling konsisten, karena mereka tidak pernah terdegradasi ke Divisi Ketiga.

West Ham United pada periode Liga Premier

Pada awal – awal  Liga Premier terbentuk, West Ham memiliki tim muda berbakat dengan pemain bintang seperti Rio Ferdinand, Frank Lampard, Michael Carrick dan Joe Cole. Akan tetapi Klub tetap menjadi klub papan tengah selama beberapa tahun. Lalu pada musim 2002-03 mereka harus terdegradasi ke divisi Championship, karena pemain – pemain muda berbakat mereka memilih untuk pindah ke klub-klub yang lebih besar seperi Chelsea dan Manchester United. dan ketika bakat diraih oleh klub-klub top.

Pada tahun 2016, West Ham harus pindah ke Stadion baru, yaitu Stadion Olimpiade setelah lebih dari seratus tahun bermain di Boleyn Ground. Karena kapasitas Stadion Boleyn Ground sudah tidak memadai lagi untuk menampung para penonton yang hadir pada pertandingan kandang mereka.  Stadion New Olimpiade berkapasitas 60.000 penonton dan merupakan hampir dua kali dari kapasitas Boleyn Ground.

Info Dasar
Berdiri : 1895
Negara : Inggris
Kota : London

Stadion
Hermit Road (1895-1896)
Browning Road (1896-1897)
Memorial Recreation Ground (1897-1904)
Boleyn Ground (1904-2012)
Olympic Stadium (2012- Sampai Sekarang)

Prestasi
Piala FA : 3
Piala Winner / Piala UEFA : 1

Rekor klub
Game yang paling banyak dimainkan: Billy Bonds (799)
Pencetak gol terbanyak: Vic Watson (326)

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: