Sejarah West Bromwich Albion FC

West Bromwich Albion Football Club adalah salah satu Klub Sepak Bola Liga Inggris yang berpartisipasi dalam musim pertama dalam sejarah Football League yang terbentuk pada tahun 1888. Mereka pernah memenangkan Divisi I sebanyak satu kali, yaitu pada tahun 1920. West Brom Juga mengoleksi lima kali gelar juara Piala FA dan satu kali juara Piala Liga Inggris.

Sebagai salah satu anggota pendiri Football League West Brom telah menghabiskan sebagian besar keberadaan mereka di tingkat atas kompetisi sepakbola liga Inggris. Periode terpanjang dalam sejarah West Bromwich Albion berada di divisi I adalah periode antara tahun 1949 dan 1973. Antara tahun 1986 hingga 2002 mereka menghabiskan periode terlama mereka di luar kompetisi divisi I dalam sejarah Klub.

Tim yang berjuluk The Baggies ini memiliki beberapa persaingan dengan klub Midlands lainnya. Persaingan terlama mereka secara tradisi mereka adalah dengan Aston Villa. Akan tetapi mereka baru-baru ini mendapatkan persaingan baru dengan Wolverhampton Wanderers. Persaingan mereka biasa disebut dengan Derby Black Country .

West Bromwich Albion Football Club , juga dikenal sebagai West Brom , The Baggies , The Throstles , Albion atau WBA , adalah klub sepak bola profesional Inggris yang berbasis di West Bromwich di West Midlands . Klub ini dibentuk pada tahun 1878 dan telah bermain di kandang mereka sejak tahun 1900.

Sejarah Awal Berdiri West Bromwich Albion

Klub ini berdiri pada tahun 1878 dengan nama West Bromwich Strollers oleh para pekerja di Musim Semi George Salter di kota West Bromwich, tetapi sekarang menjadi bagian dari wilayah administratif dari West Midlands. Lalu, tiga tahun kemudian berganti nama menjadi West Bromwich Albion Footbal Club tepatnya pada tahun 1980. West Brom juga menjadi Klub  pertama yang mengadopsi akhiran nama Albion. Albion adalah sebuah distrik di kota West Bromwich tempat beberapa pemain tinggal atau bekerja.

Klub ini bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola Distrik Birmingham pada tahun 1881 dan memenuhi syarat untuk ikut kompetisi pertama mereka, yaitu Piala Birmingham. Mereka mencapai perempat final, mengalahkan beberapa klub yang lebih mapan dalam perjalanannya. Albion bergabung dengan Asosiasi Sepak Bola pada tahun 1883 dan memungkinkan mereka untuk ikut kompetisi Piala FA untuk pertama kalinya pada musim 1883-84. Pada tahun 1885 menjadi klub profesional dan tahun 1886 mereka mencapai final Piala FA untuk pertama kalinya, tetapi  kalah 2-0 dari Blackburn Rovers dalam pertandingan leg kedua. Kemudian mereka mencapai final lagi pada tahun 1887 dan kalah lagi 2-0 dari Aston Villa. Setelah final ketiga kalinya Pada tahun 1888 West Bromwich Albion baru bisa memenangkan trofi untuk pertama kalinya dalam sejarah klub, mengalahkan favorit juara Preston North End dengan skor 2-1 di final.

Era Football League

Ketika Football League akan digelar pada akhir tahun 1988,  Albion menjadi salah satu dari dua belas anggota pendirinya. Keberhasilan kedua Piala FA. Albion datang pada tahun 1892 dengan mengalahkan Aston Villa 3-0. Mereka bertemu Villa lagi di final 1895, tapi kalah 1-0. Tim mengalami degradasi ke Divisi II pada musim 1900-01, musim pertama mereka di The Hawthorns . Mereka langsung promosi sebagai juara Divisi II pada musim berikutnya tetapi langsung terdegradasi lagi pada musim 1903–04. Klub memenangkan kejuaraan Divisi II sekali lagi pada musim 1910–11  dan musim berikutnya mencapai Final Piala FA selanjutnya. Akan tetapi lagi-lagi mereka kalah, bahkan  oleh Tim Divisi II Barnsley dalam pertandingan Leg ke II.

Periode tersukses West Brom adalah antara dua dekade terakhir pada abad ke-19. Antara tahun 1886 dan tahun 1895. Ketika itu mereka berhasil mencapai final Piala FA sebanyak lima kali dan meraih juara dua kali. Final yang populer adalah ketika melawan Preston di final 1888 dengan kehadiran sekitar 17.000 ribu penonton.

Selain lima trofi FA, Klub juga meraih poin tertinggi Di Divisi I pada tahun 1921. Tahun tersebut merupakan musim pertama kompetisi bergulir kembali  setelah perang dunia I. West Bromwich berhasil mengumpulkan 60 poin,  termasuk ketika mereka mengalahkan Notts County 8-0. Kemudian menang atas Burnley dan Chelsea.

Pada 3 Setember tahun 1900, Albion bermain imbang 1-1 dengan Derby County pada pertandingan pertamanya di stadion Hawtorns.

Setelah Perang Dunia I

West Bromwich Albion memenangkan gelar Liga Divisi I pertama dan satu – satunya sepanjang sejarah klub terjadi pada musim 1919–20. Dengan total 104 gol dan 60 poin mereka berhasil memecahkan rekor liga sebelumnya. Kemudian pencapaian terbaik lainnya sebagai runner-up Divisi I pada musim 1924–25, kalah tipis dari Huddersfield Town. Akan tetapi mereka harus terdegradasi pada musim berikutnya, yaitu musim 1926–27.  Pada 1930-31 mereka promosi kembali serta memenangkan gelar Piala FA lagi. Setelah mengalahkan Birmingham  dengan skor 2-1 di final. Kemudian mencapai final lagi pada tahun 1935, tetapi kalah dari Sheffield Wednesday.

Rekor kehadiran di The Hawthorns terjadi pada 6 Maret tahun 1937, ketika itu 64.815 penonton menyaksikan pertandingan Albion saat mengalahkan Arsenal 3-1 di perempat final Piala FA. 3 tahun kemudian West brom terdegradasi lagi ke Divisi II.

Perang Dunia II

Mereka baru bisa promosi lagi ke Divisi I pada tahun 1948–49, setelah terhenti oleh perang dunia II. Pada Awal Musim inilah mereka mendapatkan rekor terpanjang klub berada di papan atas sepakbola Liga Inggris tanpa terdegradasi. Total 24 tahun mereka bertahan Di Divisi I tersebut.

Pada musim 1953–54 West Brom nyaris menjadi tim pertama di abad ke-20 yang memenangkan Liga dan Piala ganda. Mereka berhasil memenangkan Piala FA, dengan mengalahkan Preston 3-2. Akan tetapi mereka kehilangan Gelar Juara liga inggris menjelang akhir musim dan hanya menjadi runner-up. Mereka tetap menjadi salah satu tim teratas Inggris selama sisa dekade ini, mencapai semi final Piala FA 1957 dan mencapai tiga kali finis lima besar berturut-turut di Divisi Satu antara 1957–58 dan 1959–60.

Spesialis Piala

Meskipun di liga mereka kurang mengesankan selama periode 1960-an, paruh kedua dekade keberhasilan West Bromwich Albion membangun reputasinya sebagai tim pemenang piala yang sukses. Pada tahun 1966, mereka mengalahkan West Ham dalam penampilan di Piala Liga Inggris pertama mereka. Mereka menang agregat 5-3 di final dua leg terakhir. Tahun berikutnya mereka mencapai final lagi, yang pertama di Wembley , tetapi kalah 3-2 dari QPR yang pada saat itu berada di Divisi III setelah unggul 2-0 di babak pertama. Perolehan Piala West Brom berlanjut di Piala FA tahun 1968. Saat itu mereka mengalahkan Everton di perpanjangan waktu berkat gol tunggal Jeff Astle. Kemudian Klub mencapai semifinal Piala FA dan perempat final Piala Winners Eropa pada tahun 1969 dan dikalahkan 2-1 oleh Manchester City di Final Piala Liga 1970.

Penampilan mereka di Divisi I berakhir setelah terdegradasi ke Divisi II pada musim 1972-1973 tetapi memperoleh promosi lagi tiga tahun kemudian di tangan pemain-manajer Johnny Giles. West Brom mencapai semifinal Piala FA lagi tahun 1978 tetapi kalah dari Ipswich Town. Pada musim 1978–79, tim finis ketiga di Divisi Satu yang merupakan posisi tertinggi mereka selama lebih dari 20 tahun terakhir dan juga mencapai perempat final Piala UEFA.  Tetapi mereka dikalahkan oleh Red Star Belgrade. Mereka terdegradasi pada musim 1985-86 setelah itu rekor terburuk dalam sejarah klub terjadi. West Brom memulai periode enam belas tahun di luar Divisi teratas Liga. Lalu, Lima tahun kemudian klub terdegradasi ke Divisi Ketiga untuk pertama kalinya.

Era Liga Premier Inggris

Ketika Liga Premier Inggris terbentuk pada tahun 1992 klub masih berada di tingkat ketiga Kompetisi Liga Inggris tepatnya Football League I. Pada musim 1992-93 Albion finis keempat dan memasuki babak playoff untuk pertama kalinya, setelah gagal lolos Play-Off  tahun sebelumnya. Penampilan pertama Klub di Wembley selama lebih dari dua puluh tahun saat  mereka mengalahkan Port Vale 3-0 untuk kembali ke level kedua atau Football Legue Championship.

Penunjukan Gary Megson pada Maret 2000 menandai kemajuan dalam keberuntungan klub. Megson membimbing West Brom ke Divisi Satu  pada 1999-2000 dan ke play-off setahun kemudian. Dia melanjutkan memimpin klub untuk promosi ke Liga Premier Inggris pada musim 2001-02. Setelah langsung terdegradasi lagi di musim Liga Premier Inggris pertama mereka, Klub segera kembali ke papan atas pada musim 2003–04. Pada musim 2004-05 penerus Megson, mantan gelandang Albion Bryan Robson , memimpin tim ke “Great Escape” hari terakhir musim Liga.

West Bromwich Albion Berjuang di Papan Bawah

Ketika itu Albion menjadi klub Liga Premier pertama yang menghindari degradasi karena masih berada di dasar klasemen saat paruh pertama musim. Namun mereka akhirnya terdegradasi musim berikutnya. Klub masuk final playoff promosi Championship di Stadion Wembley pada 28 Mei 2007, tetapi kalah 1-0 ke oleh Derby County. Musim berikutnya Mowbray memimpin Baggies ke Wembley lagi, tetapi kali ini di semi-final Piala FA dan mereka kalah 1-0 dari Portsmouth. Satu bulan kemudian, Mereka kembali promosi ke Liga Premier sebagai Juara Championship dan terdegradasi lagi pada musim 2008-09.

Pada bulan Juni 2009, Mowbray meninggalkan klub untuk mengelola Celtic dan digantikan oleh Roberto Di Matteo. Di Matteo memimpin klub kembali ke Liga Premier pada musim pertamanya melatih, tetapi dipecat pada Februari tahun 2011 dan digantikan oleh Roy Hodgson. Mei 2012, Roy Hodgson memimpin West Brom finis di posisi ke 10 di musim pertamanya. Kemudian dia memilih pergi untuk menerima tawaran menjadi manajer tim nasional  Inggris.

West Brom berhasil bertahan di Liga Premier Inggris selama 8 musim berturut – turut. Hingga pada musim 2017-18 mereka berada di posisi buncit Klasemen Liga Inggris dan harus terdegradasi ke Liga Inggris Championship. Pada musim selanjutnya mereka hanya menjadi tim yang turun naik kasta karena tidak bisa bertahan di Liga Premier Inggris setelah Promosi.

Rivalitas West Bromwich Albion

Secara historis, rival terbesar West Brom adalah  Aston Villa. Kedua klub memperebutkan tiga Final Piala FA antara tahun 1887 dan 1895 dengan perolehan Villa memenangkan dua dan Albion satu. Namun baru-baru ini, sebagian besar penggemar Albion mulai melihat Wolverhampton Wanderers sebagai rival utama mereka. Khususnya antara tahun 1989 dan 2002 ketika Albion dan Villa tidak pernah berada di divisi yang sama. Tetapi Albion berada di divisi yang sama dengan Wolves selama 11 dari 14 musim.

Albion dan Wolves telah mengikuti derby Black Country lebih dari 150 kali. Bentrokan besar pertama mereka adalah pertandingan Piala FA pada tahun 1886. Persaingan menjadi menonjol ketika kedua klub memperebutkan gelar liga pada musim 1953–54 dan selama tahun 1990-an semakin meningkat persaingan mereka. Karena kedua klub berada di Divisi Satu. Selain itu, pada tahun 2002 Albion  terpaut 11 poin dari Wolves yang berjuang untuk mendapatkan promosi. Persaingan semakin meningkat setelah kedua belah pihak bertemu di babak play-off pada tahun 2007.

Persaingan sekota lainnya dengan Birmingham City dan Walsall, tetapi persaingan diantara mereka tidak terlalu panas karena perbedaan divisi tempat mereka berkompetisi.

Info Dasar

Berdiri : 1878

Negara : Inggris

Kota : West Bromwich

Stadion

Copper’s Hill (1878-1879)

Dartmouth Park (1879-1881)

Bunn’s Field (1881-1882)

Four Acres (1882-1885)

Stoney Lane (1885-1900)

The Hawthorns (1900- Sampai Sekarang)

Prestasi

Divisi I/Premier League : 1

Piala FA : 5

Piala Liga Inggris : 1

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: