Sejarah Southampton FC

Mengingat sejarah Southampton FC yang panjang, mereka telah menghabiskan sebagian besar sejarah mereka di papan atas liga inggris. Mungkin sedikit mengejutkan bahwa Southampton Football Club hanya memiliki satu Trofi kehormatan yang bisa mereka dapatkan, yaitu Piala FA tahun 1976. Meskipun demikian, tradisi Southampton dalam Sejarah Sepakbola dan sejumlah pemain hebat yang pernah bermain di sana. Menjadikan Southampton menjadi Klub sepak bola Inggris yang populer. Akademi pemain muda klub terkenal karena secara konsisten menghasilkan talenta – talenta terbaik dan memberi mereka kesempatan untuk berkembang.

Pada tahun 1904, Southampton menjadi klub sepak bola Inggris pertama yang melakukan tur ke Amerika Selatan. Karena pada itu, permainan Inggris jauh lebih berkembang daripada di Amerika Selatan. Portsmouth menjadi Rival Utama Southampton yang memiliki sejarah derby yang panjang. Persaingan antara keduanya mereka menyebutnya South Coast Derby.

Sejarah Pembentukan Southampton FC

Klub ini terbentuk pada tahun 1885 oleh Asosiasi Pemuda anggota  Gereja St. Mary yang selalu bermain sepak bola di pinggiran Sungai Itchen. Awalnya klub ini bernama Southampton St Mary’s FC dan bergabung dengan kompetisi Liga Selatan pada tahun 1894. Mereka memenangkan kejuaraan selama tiga tahun berturut-turut antara tahun 1897 dan 1899, dan selanjutnyai pada tahun 1901, 1903 dan 1904. Setelah memenangkan Liga Selatan pada tahun 1897, klub berubah nama menjadi Southampton Football Club.  Setahun kemudian, mereka pindah ke The Dell, sebuah stadion yang akan menjadi rumah mereka dalam bertanding. Mereka akhirnya akan bergabung dengan Divisi Ketiga Football League pada tahun 1920 dan berhasil promosi ke Divisi Kedua pada musim berikutnya.

Sejak promosi ke Divisi dua EFL Southampton tidak pernah naik kasta maupun degradasi. Mereka menjadi penghuni tetap Divisi dua selama 31 tahun dan pada akhirnya mereka harus kembali terdegradasi pada musim 1952-53. Southampton harus menunggu sampai tahun 1960 untuk kembali Promosi ke Divisi Kedua.

Mencapai divisi tertinggi

Tahun 1966 menjadi tahun yang bersejarah bagi Southampton FC. Karena untuk pertama kalinya mereka berhasil promosi ke Divisi teratas Liga Inggris. Klub berada di peringkat 2 dengan sang manajer Ted Bates yang berhasil dengan  pencapaian yang tak terlupakan  bagi para penggemar mereka. Di mana mereka bertahan selama delapan tahun sebelum kembali terdegradasi ke Divisi dua.

Kemudian, hal yang mengejutkan terjadi da yang paling tak terlupakan dalam sejarah Southampton FC tahun 1976. Ketika itu, Klub masih berada di Divisi Kedua dan McMenemy membawa klub untuk memenangkan Piala FA untuk pertama kalinya. Mereka menang 1-0 secara menakjubkan atas Klub favorit juara, yaitu Manchester United di Wembley.

Pada tahun 1978, The Saint mendapatkan promosi kembali ke Divisi 1, dengan skuad bintang seperti Alan Ball bergabung dengan klub.

Periode tahun 1980-90 menjadi salah satu periode terbaik dalam sejarah klub. Pada musim 1983-84 mereka menjadi runner-up di bawah Liverpool di liga dan mencapai semifinal Piala FA, karena kalah dari Everton di perpanjangan waktu. Mereka finis di urutan kelima pada 1984-85, lolos ke sepak bola Eropa untuk keempat kalinya dalam lima musim, dan mencapai semifinal Piala FA lagi pada tahun berikutnya.

Southampton di Liga Premier (1992–2005)

Southampton termasuk dari anggota pendiri Liga Premier pada musim 1992-93, tetapi mereka menghabiskan sebagian besar kompetisi untuk berjuang melawan degradasi. Pada 1995-96 , Southampton finis di peringkat 17 dengan 38 poin liga, mereka lolos degradasi hanya karena selisih gol. Pada musim tersebut ada 3 tim yang memperolah poin sama, yaitu Coventry City, Southampton FC dan Manchester City. Manchester City menjadi tim yang tidak beruntung saat itu karena mereka harus terdegradasi karena mempunyai selisih gol yang paling sedikit diantara 2 Tim lainnya.  

Pada 1998–99 , mereka berada di dasar klasemen  pada paruh pertama musim tetapi sekali lagi mereka berhasil menghindari degradasi kembali pada pertandingan terakhir musim itu

Southampton akhirnya terdegradasi dari Liga Premier Inggris pada musim 2004-05. Setelah menghuni dasar Klasemen Liga Musim itu.  

Tahun terburuk Southampton terjadi pada musim 2008-09, selain mereka terdegaradasi dari Liga Championship Inggris ke Football League One. Klub juga mengalami kebangkrutan dan mendapatkan pengurangan poin karena sanksi aministrasi.

Akan tetapi keterpurukan tersebut tidak berlangsung lama. Karena, Markus Liebherr datang untuk membeli klub dan mengeluarkannya dari kepailitan klub pada tahun 2009. Southampton memulai perjuangan mereka bersama Liebherr untuk kembali ke Liga Premier pada 2009-10, ketika mereka  memenangkan Johnstone Paint Throphy. Musim 2010-11 mereka berhasil kembali ke Liga Championship. Southampton juga langsung promosi ke Liga Premier Inggris musim selanjutnya. Sejak saat itu Southampton bertahan di Liga Premier Inggris sampai saat ini.

Info Dasar

Berdiri : 1885

Negara: Inggris

Kota: Southampton

Stadion

The Common (1885-1886)

Antelope Cricket Ground (1886-1896)

County Cricket Ground (1896-1898)

Dell (1898-2001)

St Mary’s Stadium (2001 – Sampai Sekarang )

Prestasi

Piala FA : 1

Rekor klub

Paling banyak bermain : Terry Paine (815)

Pencetak gol terbanyak: Mick Channon (228)

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: