Sejarah Sheffield United FC

Sheffield United FC dalam sejarah Liga Inggris adalah klub sepak bola kedua yang berdiri di kota Sheffield. Shefield United juga merupakan klub sepak bola Inggris pertama yang menggunakan kata United dalam namanya. Alasannya adalah karena banyak kelompok orang yang bergabung untuk membentuk klub tersebut. Mereka telah memenangkan liga top Inggris sekali dan Piala FA empat kali.

Sheffield United menjadi juara Inggris pada tahun 1897-98 dan juga mendadi runner up pada tahun 1896-97 dan 1899-1900. Sepuluh tahun setelah pendiriannya, Sheffield memenangkan Piala FA pertama mereka. Kemudian memenangkan Piala FA tiga kali lagi pada tahun 1902, 1915 dan 1925).

Mereka menjadi anggota Football League pada tahun 1892. Mereka terpilih masuk ke Divisi II dari dua Divisi yang terbentuk. Tetapi setelah menempati posisi kedua, mereka promosi ke Divisi I atau Divisi paling atas untuk musim berikutnya.  Sheffield United juga adalah salah satu tim yang ikut serta dalam edisi pertama Liga Premier Inggris yang digelar pada musim 1992-93. Mereka hanya berhasil bertahan selama dua musim di Liga Premier Inggris sebelum mereka terdegradasi.

Sejarah Awal Berdiri Sheffield United FC

Klub ini resmi berdiri pada 22 Maret 1889 di Adelphi Hotel, Sheffield oleh Presiden Klub Kriket, Sir Charles Clegg. Klub ini juga memiliki rival dengan Klub sekota lainnya, yaitu Sheffield Wednesday yang terkenal dengan sebutan Steel Derby. Shefield United lebih muda  32 tahun dari Rivalnya Sheffield Wednesday.

Pada awal pembentukan Football League tahun 1888, Shefield United menolak untuk bergabung dan lebih memilih untuk berkompetisi di liga amatir lainnya. Sheffield United pertama kali bergabung dengan Football League pada tahun 1892 dan berkompetisi di Divisi II. Pada musim pertama mereka berkompetisi, klub langsung promosi ke Divisi I.

Pada periode tersebut ada beberapa pemain yang terkenal dan menjadi pemain internasional Inggris. Mereka adalah, William Foulke yang menjadi penjaga gawang terbaik di Inggris pada masa itu. Kemudian Rab Howell dan Ernest Needham. Ernest Needham bermain 16 kali untuk negaranya berposisi sebagai bek kiri.

Pada musim 1896-97 Sheffield United menjadi runner-up di bawah Aston Villa yang meraih dua gelar saat itu. Klub hanya kebobolan 29 gol sepanjang musim dan Shefield United pun memiliki rekor pertahanan terbaik dalam sejarah Football League. Dengan William Foulke sebagai penjaga gawang dan Ernest Needham yang mengatur pertahanan, Sheffield United menjadi tim yang sangat sulit untuk dikalahkan.

Kemudian pada musim selanjutnya 1997-98 Sheffield United, yang dipimpin oleh Ernest Needham, berhasil memenangkan kejuaraan Divisi I Liga Inggris yang merupakan Gelar pertama Liga dalam Sejarah Shefield United dan menjadi satu-satunya gelar juara liga yang berhasil mereka raih. Mereka bertahan di divisi I selama 33 tahun, Namun belum pernah meraih gelar juara lagi dan hanya meraih Trofi Piala FA sebanyak 3 kali pada Periode tersebut. Kemudian mereka terdegradasi pada musim 1933-34.

Sheffield United Juara Piala FA

Walaupun minim gelar di Liga Inggris, akan tetapi Shefield United mempunyai catatan menarik di Piala FA. Ketika Klub mencapai final Piala FA tahun 1899. Joan Boag mencetak gol untuk Derby County di babak pertama. Namun Sheffield United bergasil menyamakan kedudukan bahkan membalikan keadaan menjadi 4-1 dan merebut gelar Juara Piala FA untuk pertama kalinya.

Pertandingan yang bersejarah yang melibatkan dua tim dari Shefield terjadi Pada musim 1899-1900. Ketika itu Sheffield Wednesday melawan Sheffield United di putaran kedua Piala FA. Pertandingan pertama harus dibatalkan karena badai salju. Pertandingan kedua berakhir imbang 1-1 di Bramwell Lane. Permainan tersebut diwarnai dengan beberapa kekerasan dalam pertandingan yang menyebabkan perkelahian antar pemain, Tekel keras dan sejumlah pelanggaran lainnya yang berbahaya dan menyebabkan satu pemain menderita patah kaki.

Pada musim 1900-01 Sheffield United berhasil mengalahkan Sunderland 2-1, Everton 2-0, Wolves 4-0 dan Aston Villa 3-0 untuk mencapai final Piala FA melawan Tottenham Hotspurs. Laga pertama berakhir imbang 2-2, kemudian Spurs memenangkan pertandingan ulang dengan skor 3-1.

Sheffield United juga memiliki sejarah perjalanan Piala FA  yang bagus lainnya, yaitu di musim 1901-02. Mereka mengalahkan Northampton Town 2-0, Bolton Wanderers 2-1, Newcastle United 2-1 dan Derby County 1-0 untuk mencapai final Piala FA melawan Southampton. Pertandingan pertama berakhir imbang 1-1, kemudian di pertandingan kedua Shefield United menang 2-1 lewat gol kemenangan yang dicetak oleh Needham pada sepuluh menit terakhir sebelum pertandingan berakhir. Klub pun memenangkan Piala FA untuk yang kedua kalinya.

Kepergian Foulke dari Sheffield United

Tahun berikutnya Walter Bennett pindah ke Bristol City dan pada tahun 1905 William Foulke pergi ke Chelsea dengan biaya transfer sebesar £50. Meskipun Ernest Needham tetap bermain untuk Klub, tetapi klub mengalami penurunan dalam penampilan mereka.

Hari-hari kejayaan Klub telah berakhir pada tahun 1975. Klub mengalami periode bencana selama tahun 1975-1981 di mana mereka terus-menerus terdegradasi dan tidak dapat tampil dengan baik. Mereka turun semakin rendah ketika mereka terdegradasi ke divisi ketiga atau Football League I.

Era Liga Premier

Ketika Liga Premier berdiri Shefield United termasuk dalam pendirinya dan langsung berkompetisi di Liga Premier Inggris. Namun mereka hanya bertahan 2 musim dan mereka terdegradasi. Klub menghabiskan kompetisi di Luar kasta teratas bahkan Hingga terperosok ke Football League I.

Sampai musim 2021-22 Liga Premier Inggris berjalan Klub kasih beberapa kali tampil di kasta Divisi teratas tersebut dan selalu hanya menjadi Tim penggembira saja setiap kali mereka Promosi, Shefield United tidak sanggup untuk bertahan lama. Sebanyak 2 kali mereka Promosi setelah terakhir terdegradasi dari Liga Premier Inggris musim-1993-94. pertama musim 2006-07 mereka promsi dan langsung terdegradasi kembail ke Liga Championhip pada musim tersebut. Kemudian pada musim 2019-20 klub tampil cukup menjanjikan setelah berhasil finish di posisi 9 Klasemen Liga Inggris. Tetapi musim selanjutnya klub tidak mampu tampil konsisten dan mereka terdegradasi setelah berada di posisi buncit klasemen liga Inggris musim 2020-21.

Pada musim 2021-22 Shefield United sedang berjuang untuk kembali Promosi ke Liga Premier Inggris Lagi setelah berada pada Zona Play-off Klasemen sementara Liga Championship Inggris.

Info Dasar

Berdiri : 1889

Negara : Inggris

Kota : Sheffield

Stadion

Bramall Lane (1889- Sampai Sekarang)

Prestasi

Divisi Satu/Liga Primer : 1

Piala FA : 4

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: