Sejarah Nottingham Forest FC

Sejarah Nottingham Forest Football Club mengulas beberapa sejarah dan fakta menarik sejak awal berdiri pada tahun 1865. Nottingham Forest adalah salah satu di antara banyak Klub raksasa sepak bola Inggris yang pernah berjaya dalam sejarah Liga Inggris yang kini mulai terlupakan. Meskipun mereka telah tersingkir dari Hingar Bingar Liga Premier Inggris sepanjang abad ke-21, Forest termasuk kekuatan yang sangat diperhitungkan selama masa kejayaan mereka di tahun 70-an. Selama sejarah panjang dan menarik mereka, mereka telah memenangkan satu gelar Liga utama Inggris, dua Piala FA dan empat Piala Liga Inggris. Forest adalah salah satu dari dua klub Liga Inggris yang sukses menjuarai Piala Eropa/Champions 2 kali berturut-turut.

Nottingham Forest Football Club adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di West Bridgford, Nottinghamshire, Inggris. Warna kebanggaan klub adalah  merah dan putih. Saingan Utama Nottingham Forest adalah dengan tetangga dekat mereka  Derby County. Forest sedikit memiliki rekor yang lebih baik daripada Derby County. Leicester City juga memiliki ketegangan dengan Forest dan tetangga dekat lainnya Notts County. Pada musim 1878-79 Forest memasuki Piala FA untuk pertama kalinya.

Nottingham Forest merupakan klub sepak bola profesional tertua kedua di Inggris. Yang tertuanya adalah tetangga dan saingan lokal mereka, Notts County.

Sejarah Awal Berdiri Nottingham Forest

Forest berdiri pada tahun 1865 oleh sekelompok pemain yang terlibat dalam shinney. Shinney adalah olahraga yang mirip dengan hoki. Dalam suatu  pertemuan mereka di Clinton Arms di Nottingham’s Shakespeare Street memutuskan untuk bermain sepak bola. Awalnya Usulan JS Scrimshaw hanya untuk bermain sepak bola tetapi malah terbentuk langsung Nottingham Forest Football Club pada saat iru. Mereka sepakat bahwa klub akan membeli dua belas topi berjumbai berwarna ‘Garibaldi Red’ yang merupakan nama dari pemimpin pejuang kemerdekaan ‘Kas Merah’ Italia. Dengan demikian warna resmi klub ditetapkan. Pertandingan resmi pertama Forest melawan Notts County yang berlangsung pada 22 Maret 1866.

Pada awalnya, Forest adalah klub multi-olahraga. Salah satunya adalah bandy atau Nottingham Forest Football and Bandy Club dan Olah raga bisbol yang  menjadi ciri utama dari identitas klub. Namun, bagian sepak bolalah yang paling sukses.  Pada tahun 1892, mereka memenangkan Liga Football Alliance sebelum diterima di English Football League. Kehormatan besar pertama mereka datang pada tahun 1898, dengan kemenangan atas Derby County di final Piala FA.

Permohonan Forest ditolak untuk bergabung dengan Football League pada awal pembentukannya pada tahun 1888. Kemudian Forest memilih bergabung dengan Football Alliance pada tahun 1889. Mereka kemudian memenangkan kompetisi tersebut pada tahun 1892 sebelum kemudian bergabung dengan Divisi Satu Football League pada tahun yang sama. Musim itu mereka mencapai dan kalah di semi final Piala FA untuk keempat kalinya hingga saat ini. Kali ini ke West Bromwich Albion setelah pertandingan ulang.

Pada musim 1897-98, Nottingham Forest akhirnya menembus babak semi final  Piala FA setelah upaya kelima kalinya . Mereka mengalahkan Southampton 2-0 dalam laga ulangan setelah pertandingan pertama bermain imbang 1-1.

Degradasi Pertama Kali Nottingham Forest

Setelah bertahan di Divisi satu selama 14 musim Forest pada akhirnya harus terdegradasi untuk pertama kalinya dalam sejara Nottingham Forest pada musim 1905-06. Walaupun mereka langsung naik kembali ke Divisi Utama Liga Inggris musim selanjutny setelah menjadi Juara Divisi Dua.

Pada tahun 1919, Divisi Pertama Liga Sepakbola diperluas dari dua puluh klub menjadi dua puluh dua klub. Pada saat itu Nottingham Forest berada di Divisi Dua musim 1919-20. Forest menjadi salah satu Tim yang mengajukan untuk bergabung dari 8 Klub yang mengusulkan, tetapi mereka hanya memperoleh 3 suara kalah dari Arsenal dan Chelsea. Mereka lah yang berhak mengisi slot yang kosong di Divisi I.

Setelah kalah dari pemilihan tersebut Forest tetap bermain di Divisi Kedua. Tak perlu lama mereka berjuang, Forest menjadi juara Divisi II pada musim 1921–22 dan Promosi ke Divisi I. Mereka hanya sanggup bertahan 3 musim di Divisi I dan kemudian terdegradasi lagi ke di Divisi II setelah menjadi penghuni Juru Kunci Klasemen Liga pada musim 1924–25. Mereka tetap berada di tingkat kedua sampai pada akhirnya degradasi lagi  pada musim 1948-49 ke Divisi Ketiga Football League.

Sejarah Kesuksesan Nottingham Forest

Mereka dengan cepat promosi kembali ke Divisi II, dua tahun kemudian sebagai juara setelah mencetak rekor 110 gol di musim 1950-51. Kemudian mereka mendapatkan kembali status Divisi Pertama mereka pada musim 1956-57. Satu musim kemudian musim 1958-59, Nottingham Forest berhasil lolos semi final Piala FA Setelah gol tunggal Johnny Quigley mengalahkan Aston Villa. Kemudian, Forest asuhan Billy Walker mengalahkan Luton Town 2-1 di Final Piala FA 1959. Trofi pertama mereka setelah 16 tahun menunggu. Trofi Piala FA pada tahun 1959 merupakan Trofi satu-satunya Klub selama tujuh dekade berikutnya.

Brian Clough kemudian mengambil alih peran manajerial pada pada 6 Januari tahun 1975. Bersama dengan asistennya Peter Taylor, Clough akan mengubah Forest menjadi klub kompetitif dengan penampilan sepak bola yang menarik.

Saat itu Forest mulai menggantikan Notts County sebagai klub terbesar di Nottingham. Bahkan yang lebih mengesankan, sepertinya Forest menjadi Klub yang mulai diperhitungkan pada saat itu. Setelah memenangkan promosi ke Divisi Pertama pada tahun 1977, mereka memenangkan Double pada tahun berikutnya dengan mengklaim gelar Liga dan mengalahkan Liverpool di final Piala Liga Inggris.

Setelah mempertahankan Piala Liga Inggris pada tahun 1979, Forest tampil di Piala Eropa. Penampilan mereka Cukup menjanjikan, Mereka berhasil menjadi juara di musim debutnya di Piala Eropa setelah mengalahkan Malmo FF 1-0 di final 1979. Sejarah terulang lagi di musim berikutnya, Forest sekali lagi mencapai final 1980, di mana mereka mengalahkan Hamburger SV 1-0 berkat penampilan luar biasa dari kiper Peter Shilton.

Di Piala Eropa  berikutnya musim 1980–81, Forest tersingkir di babak pertama setelah kekalahan mengejutkan 1-0 di kandang dan tandang oleh CSKA Sofia.

Sejarah Periode Terbaik

Pada 1982-83 , Taylor pergi tetapi Clough tetap bertahan hingga 1992. Musim pertama Clough tanpa Taylor, Forest finis kelima di Divisi Pertama. Itu cukup untuk mendapatkan tempat Piala UEFA. Musim berikutnya Forest bersaing memperebutkan gelar Liga tetapi hanya finis di urutan ketiga, hanya kurang enam poin di bawah juara Liverpool. Mereka juga melaju ke semi final Piala UEFA, di mana mereka disingkirkan oleh Anderlecht dalam situasi kontroversial karena beberapa keputusan wasit yang kontroversial sangat merugikan Forest.

Forest tetap berada di papan tengah selama beberapa musim. Pencapaian terbaik Forest hanya sampai finis ketiga di Divisi Pertama. Mereka mencapai semifinal Piala FA dan kalah 2-1 dari Liverpool musim 1987-88. Namun,pada masa tersebut tidak kompetisi Eropa untuk Klub Sepakbola Liga Inggris karena sanksi dari FIFA akibat bencana Heysel pada tahun 1985.

Musim berikutnya 1988-89, Forest memenangkan trofi besar pertama klub dalam sembilan tahun, Piala Liga Inggris. Dengan kemenangan 3-1 atas Luton Town di Wembley. Pada musim selanjutnya 1989-90, Forest mempertahankan Piala Liga Inggris dengan Nigel Jemson mencetak satu-satunya gol dalam kemenangan 1-0 atas Oldham Athletic. Forest berhasil tembus  tujuh kali final piala domestik di Wembley dalam lima musim dengan memenangkan lima final. Forest finis di urutan kedelapan di liga untuk mendapatkan tempat di Liga Premier FA yang baru 1992-93.

Pada 16 Agustus 1992, Forest mengalahkan Liverpool 1-0 di kandang dalam pertandingan Liga Premier Inggris pertama yang disiarkan langsung di televisi. Tetapi, mereka tidak pernah memenangkan pertandingan liga lagi sampai pertengahan Oktober, di mana mereka berada di posisi terbawah liga. orest menghabiskan sebagian besar musim di posisi terbawah Liga Premier. Pada bulan April 1993, Clough mengumumkan akan pensiun pada akhir musim setelah mengabdi selama 18 tahun. 

Nottingham 2021-22

Sangat ironis karena berakhir dengan degradasi, setelah kekalahan kandang 2-0 melawan sesama tim yang berjuang di Zona Degradasi, Sheffield United pada awal Mei. Brian Clough tetap menjadi manajer paling sukses dalam sejarah Nottingham Forest  walaupun belum pernah berhasil merebut Piala FA.

Sejak terlempar dari Liga Premier Inggris Edisi pertama. Nama Nottingham Forest mulai tidak menakutkan lagi. Mereka walaupun berhasil kembali ke Liga Premier lagi hanya sebagai Tim papan bawah yag selalu berjuang untuk tidak turun kasta. Puncaknya pada musim 1998-99, mereka kembali terlempar ke Divisi I atau Championship. Bahkan mereka terlempar lagi ke Football League One pada musim 2005-06. Setelah berjuang selama tiga musim mereka baru berhasil kembali llagi ke Divisi Championship. Musim – musim berikutnya Forest hanya berhasil menembus babak Play-off saja sampai pada musim 2021-22.

Steve Cooper diangkat sebagai manajer pada 21 September 2021 dan segera melakkan perubahan besar dalam nasib klub dengan 11 kemenangan, 6 seri dan 3 kekalahan mendorong mereka ke satu tempat dan satu poin di babak playoff. Cooper berhasil menembus babak Play-Off Championship. Setelah berhasil mengalahkan Sheffield United di Semi Final. Forest juga berhasil mengalahkan Huddersfield Town di Final dengan skor 1-0. Ini adalah pertama kalinya Nottingham Forests kembali ke Liga Premier Inggris setelah selama 23 tahun, mereka tersingkir sejak tahun 1999. Steve Cooper berhasil membawa keajaiban setelah  mereka kembali promosi. Padahal sebelumnya Forest berada di dasar Klasemen Championship sebelum Cooper menangani Klub.

Info Dasar

Berdiri : 1865

Negara : Inggris

Kota : Nottingham

Prestasi

Divisi Pertama/Liga Premier : 1

Piala FA : 2

Piala Liga Inggris : 4

Liga Champions: 2

Stadion

Forest Racecourse (1865-1879)

The meadows (1879-1880)

Trent Bridge Cricket Ground (1880-1882)

Parkside (1882-1885)

Gregory (1885-1890)

Town Ground (1890-1898)

City Ground (1898- Sampai Sekarang

Rekor klub

Game yang paling banyak dimainkan: Bob McKinley (692)

Pencetak gol terbanyak: Grenville Morris (217)

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: