Sejarah Newcastle United FC

Jika Anda menyukai klub dengan tradisi sejarah yang kental, Newcastle United FC memilikinya. Sejak berdiri pada tahun 1892, mereka telah memenangkan empat gelar Liga Inggris dan enam Piala FA, yang menjadikan mereka salah satu klub sepak bola Inggris paling sukses sepanjang masa. Selain itu, mereka telah menghabiskan sejumlah musim yang mengesankan di papan atas Liga Inggris. Persaingan lama mereka dengan Sunderland , yang terkenal sebagai derby Tyne-Wear, adalah salah satu derby lokal paling sengit di sepak bola Inggris.

Sejarah Berdiri Newcastle United FC

Klub ini terbentuk melalui penggabungan dua klub kota Tyneside. Newcastle East End dan Newcastle West End. Untuk menandakan perpaduan tersebut, klub yang baru terbentuk itu diberi nama Newcastle United. Tidak lama setelah itu, Newcastle menjadi terkenal karena khas sepakbola mereka yang cepat dan menarik selama tahun-tahun setelah awal pembentukan mereka. Setelah masuk kompetisi English Football League (EFL) pada tahun 1894, mereka mendapatkan promosi ke Divisi Pertama pada tahun 1899. Mereka bermain di Stadion St. James’ Park. Stadion St. James Park merupakan lapangan sepak bola tertua di Inggris, di sana pertandingan selalu berlangsung sejak tahun 1880-an.

Masa Kejayaan Newcastle United

Kedatangan dekade baru terbukti menjadi pertanda baik bagi Newcastle. Dengan tim penuh bintang pemain Inggris dan dengan bakat internasionalnya. Newcastle kemudian mendominasi Divisi Pertama dengan memenangkan gelar pada tahun 1905, 1907 dan 1908. Anehnya, periode produktif ini juga berisi rekor terburuk dalam sejarah mereka. Seperti kekalahan 9-1 dari Sunderland pada tahun 1908. Setelah mengklaim trofi Piala FA pertama mereka dengan kemenangan atas Barnsley di final, perjalanan menjanjikan mereka terhenti karena Perang Dunia I.

Pasca perang, klub kembali berjaya dengan trofi Piala FA lainnya pada tahun 1924. Mereka menindaklanjutinya dengan mengakuisisi Hughie Gallacher yang bersinar pada musim berikutnya. Ini terbukti menjadi langkah bisnis yang cerdik dan tepat, karena Gallacher menjadi kapten klub dan memimpin tim meraih gelar Liga lainnya pada tahun 1927. Newcastle memenangkan Piala FA lagi pada tahun 1932 sebelum memasuki periode biasa-biasa saja. Dan berujung dengan degradasinya mereka ke Divisi II atau Championship pada tahun 1934.

Sekali lagi, klub berhasil bangkit kembali setelah perang dunia II. Sang calon legenda klub masa depan Newcastle, Jackie Milburn menjadi aktor utamanya. Newcastle kembali ke papan atas Liga Inggris pada tahun 1948 dan berhasil memenangkan tiga Piala FA pada periode antara 1951 dan 1955, secara beruntun yang akan membuat mereka mendapatkan reputasi sebagai spesialis Piala. Meskipun beberapa dekade berikutnya, Newcastle tampak kesulitan mendapatkan kedua Piala Inggris lagi.

Periode Liga Premier Inggris

Pada awal 90-an, klub membuka lembaran baru dengan menunjuk Kevin Keegan sebagai manajer. Pergantian personel segera membuahkan hasil, ketika Newcastle kembali ke papan atas atau Liga Premier Inggris pada tahun 1993. Setelah mendapatkan jackpot dengan pemain besar seperti David Ginola dan Alan Shearer, Newcastle hampir berakhir dengan menggulingkan Manchester United pada tahun 1996 dan 1997, pada klasemen akhir Liga Premier Inggris. sebagai runner-up di kedua kesempatan. Mereka juga kalah di final Piala FA pada tahun 1998 dan 1999. Setelah itu mereka kembali ke masa penurunan dan tidak konsistennya penampilan mereka.

Pada tahun 1990-an hingga tahun 2000 perombakan besar-besaran terhadap stadion klasik dilakukan. Dengan beberapa pembangunan kembali, kapasitasnya meningkat secara dramatis dan atap kantilever, yang terbesar di Eropa, dibuat. Setelah beberapa tahun hanya menjadi tim papan bawah. Memasuki paruh Kedua Liga Premier Inggris musim 2021-22 Klub mulai menunjukan tren yang bagus. Setelah konglomerat Arab Saudi mengakuisisi klub dan aktif dalam Bursa transfer paruh musim dan mulai membuahkan hasil yang bagus. Mereka berhasil keluar dari Zona degradasi setelah sebelumnya berkutat pada posisi zona merah yaitu ke -18.

Fakta dasar

Berdiri : 1892

Negara: Inggris

Kota: Newcastle

Stadion

St. James Park (1885- Sampai Sekarang)

Prestasi

Divisi Pertama/Liga Primer : 4

Piala FA : 6

Rekor klub

Game yang paling banyak dimainkan: Jimmy Lawrence (496)

Pencetak gol terbanyak: Alan Shearer (206)

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: