Sejarah Manchester United

Dalam sejarah Manchester United adalah salah satu klub sepak bola paling terkenal dan selalu mempertahankan tradisi juara yang luar biasa. Rekor kesuksesan yang selalu konsisten, dan mempunyai sejarah sepak bola yang hebat. United bersama dengan Liverpool, klub sepak bola Inggris paling sukses yang pernah ada saat ini. “Setan Merah” memiliki lebih banyak gelar tingkat nasional daripada Liverpool, tetapi saingannya telah mengumpulkan lebih banyak gelar di turnamen internasional.

Sejarah Awal Berdiri

Manchester adalah salah satu kota dengan pertumbuhan tercepat selama Revolusi Industri dan terutama karena arus pekerja yang datang dari berbagai bagian dari Kepulauan Inggris. Awalnya merupakan kota yang relatif kecil pada awal abad ke-19. Manchester telah mencapai populasi lebih dari satu juta penduduk pada tahun 1900 dan telah menjadi salah satu kota terbesar di Eropa. Itu adalah kondisi yang bagus bagi klub sepak bola untuk berkembang. Sepak Bola, dalam sejarah awalnya, sebagian besar didominasi oleh para pekerja. Klub yang kemudian menjadi Manchester United FC ini awalnya berdiri pada tahun 1878. Manchester United Awalnya bernama Newton Heath L&YR Football Club. L&YR seperti di Lancashire dan Yorkshire Railway Company, yang merupakan perusahaan tempat bekerja para pemain-pemain pada tim ini.

Tim bermain di Football League untuk pertama kalinya pada tahun 1892 (mereka tidak boleh bingung dengan Manchester Football Club, yang berdiri pada tahun 1860 dan berpartisipasi dalam Piala FA pada tahun 1870-an sebelum mereka beralih ke olah raga Rugby). Tapi, mereka terdegradasi setelah dua tahun kemudian. Selanjutnya, sekelompok pengusaha lokal baru kemudian mengambil alih peran dan tanggung jawab klub dan memberi nama menjadi Manchester United pada tahun 1902. Klub yang baru bernama ini memenangkan gelar Liga Inggris pada tahun 1908 dengan manajer, Ernest Mangnall. Trofi Piala FA pertama, mereka raih pada tahun berikutnya. Manchester United kemudian pindah ke stadion mereka saat ini, Old Trafford pada tahun 1910.

Setelah Perang Dunia Kedua, dengan penunjukan Matt Busby pada tahun 1945 sebagai manajer. Pemimpin visioner ini sepenuhnya membentuk kembali klub dan menempatkan kepercayaan baru pada para pemain dan strategi ini akhirnya terbukti sangat sukses.

Manchester United berhasil memenangkan liga pada tahun 1955–56 dan 1956–57. Usia rata-rata pemainnya ketika itu adalah 21 tahun pada kesempatan pertama. Dan ini yang menjadikannya tim termuda yang pernah memenangkan Football League dan membuat mereka mendapat julukan “Busby Babes”.

Bencana Untuk Manchester United

Pada tahun 1958 secara menyedihkan sebuah tragdedi terjadi dalam sejarah Manchester United. Setelah pertandingan melawan Red Star Belgrade di Piala Eropa, Para pemain United terbang kembali ke Inggris lalu, kemudian bencana melanda. Setelah mengisi bahan bakar di Munich, pesawat kemudian jatuh yang menyebabkan delapan pemain dan tiga anggota staf meninggal. Busby selamat dari kecelakaan pesawat dan dia akhirnya membangun tim hebat kembali  yang berhasil  memenangkan banyak trofi lagi di kejuaraan dan menyaksikan kemenangan yang mengharukan dari waktu ke waktu.

Setelah Matt Busby, kemudian Tommy Docherty menjadi manajer. Bahkan MU lebih kondusif untuk meraih kesuksesan lagi. Namun demikian, pada 1977 Docherty digantikan oleh Dave Sexton, yang lebih berhati-hati. Pada tahun 1981, Ron Atkinson menjadi penggantinya.

Era Alex Ferguson

Kemudian, Setan Merah mempercayakan kepada  Alex Ferguson sebagai manajer pada tahun 1986. Meskipun agak sulit dipercaya, namun tahun-tahun pertama kepelatihan Ferguson sangat sulit sampai tim memenangkan kemenangan di Piala FA pada tahun 1990. Selama beberapa tahun berikutnya, mereka sukses memenangkan setidaknya 25 trofi utama mereka kumpulkan, termasuk sekitar sebelas gelar Liga.

Manchester United memenangkan Double pertama di tahun 1994. Selanjutnya, Menchester United menjadi klub Inggris pertama dalam sejarah yang memenangkan Treble sekaligus memenangkan Piala FA, Liga Premier, dan Liga Champions UEFA dalam satu musim selama 1998-1999. Kemudian, Tim melanjutkan kejayan yang luar biasa lagi dengan mengalahkan Palmeiras untuk menjadi juara dunia antar klub sepak bola.

United memenangkan tiga gelar liga berturut-turut selama periode 1999-2001. Salah satu rekor Manchester United yang paling mencengangkan dalam sejarah sepak bola Liga Inggris adalah dari musim 1999/2000 lalu mereka menjadi juara liga dengan selisih 18 poin.

Pengambilalihan Glazer dan “Merchandise United”

Antara tahun 2003 dan 2005, pengusaha Amerika Malcolm Glazer membeli cukup banyak saham untuk menjadi pemilik baru klub Manchester. Akan tetapi, Kepemilikan baru itu tidak terlalu populer di mata para penggemar. Namun terlepas dari gejolak kontroversial setelah pengambilalihan keluarga Glazer, tim terus tumbuh sebagai tim yang hebat sambil mempertahankan tradisinya yang terhormat dan memiliki basis pengikut internasional yang besar. Selama 2013-2014, klub ini masuk sebagai klub berpenghasilan tertinggi ke-2 di seluruh dunia dengan perkiraan pendapatan sekitar €518 juta. Bahkan, Klub ini juga termasuk sebagai klub sepak bola paling berharga ketiga di tahun 2015.

Penurunan Prestasi Manchester United

Ketika Alex Ferguson mengundurkan diri pada periode 1986-2013. Mnchester United mengalami penurunan. Tak satu pun dari pelatih seperti, David Moyes, Ryan Giggs dan Louis van Gaal sebagai manajer, bisa mengulangi kesuksesan tangan dingin Ferguson.

Pada musim 2016/17 Jose Mourinho terpilih sebagai manajer United dengan kontrak hingga tiga tahun. Ini adalah keadaan ambisi klub untuk terus menambah koleksi gelarnya, mempertahankan kesuksesan di lapangan dan rekor kemenangan yang tak terkalahkan dan mempertahankan warisan kerajaannya. Namun, Mourinho juga belum bisa mengambalikan kejayaan mereka sehingga Manajemen MU pun memecatnya. Olegunnar Solkjaer menggantikannya, hal yang sama pun terjadi. Klub kembali memecat manajernya dan menunjuk Ralp Rangnick sebagai pelatih hingga sekarang.

Info Dasar

Berdiri : 1878

Negara: Inggris

Kota: Manchester

Stadion

North Roads (1978-1880)

St. Bank (1893-1910)

Old Trafford (1910- Sampai sekarang)

Prestasi

Divisi Pertama/Liga Premier : 20

Piala FA : 12

Piala Liga : 5

Liga Champions: 3

Piala Winners/ Piala UEFA: 1

Liga Eropa UEFA: 1

Rekor klub

Game yang paling banyak dimainkan: Ryan Giggs (963)

Pencetak gol terbanyak: Bobby Charlton (249)

Baca juga Sejarah Klub lainnya :

ARSENAL FC

ASTON VILLA FC

BARSNLEY FC

BIRMINGHAM CITY FC

BLACKBURN ROVERS FC

BLACKPOOL FC

CHELSEA FC

LIVERPOOL FC

Sejarah Manchester City FC

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: