Sejarah Manchester City FC

Sejarah Manchester City FC. Sama seperti rival dari kota manchester lainnya. Manchester City telah mendapat banyak pencapaian selama keberadaan mereka yang penuh sejarah. Dengan gelar juara Divisi Pertama/Liga Premier, Piala FA, Piala Liga inggris dan satu Piala Winners. City berdiri tegak sebagai salah satu klub sepak bola Inggris paling sukses sepanjang masa. Namun, sejarah mereka mengandung lebih dari cukup setelah mengalami posisi terendah untuk mencapainya. Misalnya, City masih menjadi satu-satunya Tim juara Liga  Inggris yang terdegradasi pada musim depannya.

Sejarah Berdiri Manchester City

City berdiri pada tahun 1880, dengan nama St. Mark’s pada awalnya, Arthur Connell  yang merupakan rektor dari Gereja St Mark beserta putrinya, Anna Connell yang menginisiatifkan nama tersebut. Setelah itu namanya berubah-ubah dengan menyebut Tim mereka Gorton FC dan Ardwick AFC namun tidak bertahan lama. Lalu, mereka akan mengubah nama mereka menjadi Manchester City pada tahun 1894. Ini bertepatan dengan beberapa masalah keuangan yang menimpa mereka dan pada akhirnya menyebabkan restrukturisasi pada klub. Perubahan nama ini mengkombinasikan Tim dengan tempat baru mereka yang pindah ke Hyde Road beberapa tahun kemudian. Hal ini membuat Manchester City menjadi klub paling populer di kota itu. Mempunyai basis penggemar yang antusias mengikuti mereka ke mana pun mereka bertanding. Kemudian Klub berhasil mendapatkan promosi ke Divisi Pertama pada tahun 1899.

Pada tahun 1904 City berhasil memenangkan  trofi pertama mereka, yaitu Piala FA. Namun tak lama setelah itu ada tujuh belas pemain mereka yang diskors karena terkait dengan tuduhan pelanggaran keuangan. ini menyebabkan pemain bintang mereka, Billy Meredith menyebrang ke manchester United, dan ia kemudian memenangkan dua gelar liga bersamanya. Pada tahun 1923, klub pindah ke Maine Road karena kebakaran yang menghanguskan tribun utama di Hyde Road.

Pada tahun 1934, City kembali ke jalur kesuksesan dengan memenangkan Piala FA kedua mereka. Sepanjang turnamen berlangsung, City memecahkan rekor kehadiran tertinggi dalam satu pertandingan. Rekor tersebut masih bertahan hingga sekarang ini.  Dengan kehadiran mencapai  84.569 penggemar tuan rumah yang berkumpul di Maine Road untuk pertandingan putaran keenam melawan Stoke City. Tiga tahun kemudian, City membawa pulang trofi Divisi Utama, dengan mencetak lebih dari 100 gol sepanjang musim. Namun demikian, mereka terdegradasi pada musim berikutnya, yang merupakan pertama kalinya dalam sejarah Sepak Bola liga inggris, juara bertahan langsung terdegradasi musim selanjutnya.

Periode Naik Turun Kasta

Periode setelah terdegradasi ini merupakan  kemunduran Tim yang panjang. Dengan hanya mengoleksi satu Piala FA dalam tiga dekade dan kehadiran para penggemar pun perlahan-lahan berkurang. Kemudian mereka menunjuk Joe Mercer sebagai manajer pada tahun 1965, Manchester City mulai kembali panas di Liga Inggris. Selama enam tahun bertugas, City memenangkan gelar Divisi Pertama, baik Piala Inggris maupun Piala Winners. Periode pasca-Mercer klub juga berhasil memenangkan Piala Liga Inggris lain pada tahun 1976. Setelah itu Manchester City memasuki periode biasa- biasa saja.

Mereka Kembali bersaing di papan atas liga Inggris pada musim 1998-99. Setelah menjalani pertandingan play-off yang  dramatis melawan Gillingham City, Manchester City berhasil Promosi dari Divisi II ke Divisi Satu. Kemudian City kembali berhasil promosi langsung dari Divisi Satu menuju Premier pada musim berikutnya. Kemudian mereka degradasi kembali musim berikutnya. Setelah terdegradasi dari Liga Premier, musim berikutnya mereka memenangkan Divisi Pertama dengan sepuluh poin di atas West Bromwich dan promosi lagi. Lalu setelah itu, Manchester City telah konsisten menjadi peserta tim Liga Premier.

Selama bertahun-tahun, Maine Road adalah stadion kandang City. Tetapi pada tahun 2003, Mereka membangun Stadion City of Manchester dengan kapasitas yang jauh lebih besar.

Era Kejayaan Baru Manchester City

Sejak miliarder Abu Dhabi Sheikh Mansour mengambil alih Klub pada tahun 2008 menandakan era baru dan penuh kemenangan. Sekarang menjadi salah satu klub terkaya di dunia, City selalu sibuk di Bursa transfer, memperoleh banyak pemain besar dengan memecahkan beberapa rekor transfer. Lima tahun setelah Mansour mengambil alih klub  dan menghabiskan lebih dari £ 500 juta untuk membeli pemain. Kemudian Miliarder Abu Dhabi ini juga mengambil keputusan untuk mengubah nama stadion tuan rumah menjadi Stadion Ettihad pada tahun 2011.

Berkat belanja klub yang besar-besaran membuat klub menghidupkan kembali tahun-tahun kejayaan mereka. Dengan memenangkan Liga Premier, satu Piala FA, dan gelar Piala Liga pada periode berikutnya. Mereka juga mendapatkan rekor Poin tertinggi Liga Premier ketika mereka menjuarai liga di musim 2017-2018. Ketika itu City menjadi tim pertama di Liga Premier yang berhasil  mengumpulkan 100 poin dalam satu musim. City juga membuat rekor baru dalam kemenangan liga berturut-turut, yaitu sebanyak 18 kemenangan beruntun.

Info Utama

Berdiri : 1880

Negara : Inggris

Kota : Manchester

Stadion

Clowes Street (1880-1881)

Kirkmanshulme Cricket Ground (1881-1882)

Queens Road (1882-1884)

Pink Bank Lane (1884-1887)

Hyde Park (1887-1923)

Maine Road (1923-2003)

Etihad Stadium (2003- sampai sekarang)

Prestasi

Divisi I/Premier League: 6

FA Cup: 5

Piala Liga : 6

UEFA Cup Winners’ Cup: 1

Rekor Klub

Pemain terbanyak bertanding : Eric Brook (178)

Pencetak Gol Terbanyak : Alan Oakes (682)

Baca juga Sejarah Klub lainnya :

ARSENAL FC

ASTON VILLA FC

BARSNLEY FC

BIRMINGHAM CITY FC

BLACKBURN ROVERS FC

BLACKPOOL FC

CHELSEA FC

LIVERPOOL FC

Tanggapan Pembaca

Ikuti Artikel Terbaru dari Sudutbola.com

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: