Sejarah English Football League

Sejarah English Football League. English Football League adalah liga Sepak Bola pertama yang dibentuk di dunia. Ada 12 klub yang berbasis di sekitar Inggris utara dan Midlands membentuk kompetisi ini pada tahun 1888. Pada tanggal 17 April 1888 Fottball League secara resmi terbentuk di Royal Hotel, Manchester. Pencetus gagasan untuk membentuk kompetisi liga ini adalah  William McGregor. William McGregor merupakan salah satu direktur klub yang ikut dalam pembentukan kompetisi ini, yaitu Aston Villa.

Dua belas Klub anggota pendiri Football League adalah Accrington, Aston Villa, Blackburn Rovers, Bolton Wanderers, Burnley, Derby County, Everton FC, Notts County, Preston North End, Stoke City, West Bromwich Albion dan Wolverhampton Wanderers.

Preston North End berhasil menjadi juara musim pertama kompetisi ini setelah pembentukannya dalam sejarah Liga Inggris. Beberapa klub lain yang berhasil menjadi juara berikutnya antara lain adalah Sunderland, Aston Villa, Everton, dan Sheffield United.

Awalnya Football League hanya berisi satu divisi saja, namun setelah Footbal League semakin berkembang. Maka banyak klub lainnya yang ikut mendaftar. Kemudian Football League mulai menerapkan sistem dua divisi, yaitu First Division ( Divisi I ) dan Second Division ( Divisi II ) pada tahun 1905-06. Totalnya ada  40 klub yang terlibat dalam kompetisi tersebut.

Liga Inggris dihentikan sementara ketika Perang Dunia I pecah dan kembali digelar setelah perang tersebut usai. Begitu juga saat terjadi  Perang Dunia II tahun 1939-1946.

Kemudian, pada tahun 1920  jumlah divisi  kembali bertambah seiring dengan bertambahnya klub peserta dari wilayah Selatan dan Utara. Pada saat itu ada 88 klub Peserta  yang terdaftar untuk berkompetisi di Football League. Pada musim itu Hudersfield Town mencatatkan Sejarah di English Football League. Mereka berhasil menjadi juara sebanyak 3 musim berturut – turut. Karena belum ada klub yang berhasil memenangkan tiga Kejuaraan berturut-turut pada musim sebelumnya. Beberapa tahun kemudian Arsenal berhasil melakukan hal yang sama.

English Football League Setelah Perang Dunia Kedua

Setelah perang dunia kedua telah berakhir. Liga Inggris kembali dilaksanakan bahkan mengalami perkembangan. terus berkembang. Tahun 50 sampai 60-an juga terdapat berbagai klub Inggris baru yang mengikuti turnamen. Selama 130 tahun terus mengalami beberapa perubahan dan perkembangan. Klub anggota Football League terus mengalami perubahan dan perkembangan. Semakin banyak Klub sepakbola lokal yang ikut bergabung. Pada tahun 1950 total ada 92 klub yang bergabung menjadi peserta di sejarah kompetisi English Football League. 

Wolverhampton Wanderers menjadi klub tersukses pada periode ini. Tidak hanya di inggris saja, Wolverhampton juga selala memenangkan pertandingan saat laga persahabatan dengan klub sepak bola dari negara eropa lainnya. Karena seringnya digelar laga pershabatan antar klub eropa lainnya. Maka pihak pihak terkait mencetuskan untuk membentuk kompetisi yang lebih resmi. Hal inilah yang kemudian menjadi awal terbentuknya Piala Eropa dan Liga Champions.

Klub Sepak Bola Liga Inggris pertama yang berpartisipasi di kompetisi Eropa adalah Manchester United. Pada kompetisi  European Cup  musim 1956-57. Pada akhir tahun 50-an ini juga, peristiwa kelam  terjadi pada manchester United yang disebut Tragedi Munich. Yaitu kecelakaan pesawat yang membawa skuad Manchester United yang akan bertandang ke Munich saat itu.

Sejarah Puncak Kejayaan EFL

Tottenham Hotspurs menjadi klub Inggris pertama yang berhasil  menjuarai kompetisi Eropa, Yaitu Winners Cup pada tahun 1963. Tak hanya klub Inggris saja yang meraih kesuksesan. Skuad timnas Inggris juga sukses menjadi kampiun Piala Dunia di tahun 1966 dengan mengalahkan Jerman Barat di final saat itu. Periode akhir tahun 70an menjadi masa keemasan klub Liga Inggris di Eropa. Ketika perwakilan Liga Inggris berhasil menjuarai Liga Champions, mereka adalah  Liverpool juara 4 kali, Nottingham Forest sebanyak 2 kali dan Aston Villa 1 kali.

Berbagai masalah mucul pada Akhir tahun 80-an dan ini merupakan titik kemunduran bagi persepakbolaan di Inggris.  Kekerasan suporter, fasilitas stadion yang kurang layak, Hingga, hukuman dari UEFA untuk klub Inggris. Ketika ulah suporter yang berbuat kerusuhan dan membuat onar. Salah satunya adalah pada tahun 1985, terjadi tragedi Heysel yang terjadi akibat ulah dari para suporter Liverpool yang membuat kerusuhan dan mengakibatkan kematian 39 suporter Juventus saat mereka bertanding final Liga Champions. Kemudian disusul dengan tragedi Hilsbourough empat tahun kemudian.

Akibat dari kejadian tersebut klub Inggris kemudian mendapat sanksi selama 5 tahun tidak boleh ikut serta dalam kompetisi level Eropa. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya pemain terbaik di Liga Inggris yang memilih untuk pindah pindah ke klub luar Inggris karena mereka menganggap Liga Inggris kurang berkualitas lagi.

Periode Kebangkitan English Football League

Tidak mau berlarut- larut dalam keterpurukan. Liga Inggris melakukan sebuah terobosan baru Pada akhir musim 1991 – 1992. Beberapa Klub mengusulkan untuk membuat sebuah kompetisi baru. Kompetisi baru ini lebih menjanjikan pada  keuntungan bisnis yang lebih besar. Lalu pada Akhirnya tanggal 17 Juli 1991, turnamen baru ini pun mendapat persetujuan dan tertuang dalam perjanjian The Founder Members Agreement.

Kompetisi baru ini bernama FA Premier League yang akan mendapatkan keuntungan lebih besar dari hak siar dari tiap pertandingan yang dapat memperkaya klub yang ikut serta dalam kompetisi ini. Dengan adanya kompetisi  baru ini, maka jumlah divisi pun bertambah menjadi 4 divisi. Premier League menjadi liga utama, lalu Football League Championship, Football League One, kemudian Football League Two.

Pertama kali Liga Premier Inggris berlangsung pada tahun 1992 – 1993 dengan 22 klub yang ikut berpartisipasi. Manchester United berhasil menjadi juara Liga Premier Edisi Pertama. Sampai Saat ini, Manchester United masih menjadi klub peraih juara terbanyak pada era Premier League. Sedangkan Pada era FootbalL League, Liverpool menjadi klub yang meraih juara terbanyak. Kini Premier League pun semakin populer di dunia. Hingga Klub Inggris pun banyak mendominasi dalam daftar klub terkaya di dunia

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: