Sejarah dan Prestasi Barcelona FC

Sejarah dan Prestasi FC Barcelona. FC Barcelona adalah adalah salah satu ikon sepakbola dunia saat ini. Mereka mampu tampil trengginas dan konsisten. Banyak pemain sepakbola dunia yang lahir dari sini.

Awal Berdiri FC Barcelona

FC Barcelona  adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Barcelona, Catalunya, Spanyol. Sekelompok pemain Swiss, Inggris dan Catalan yang pimpinan  Joan Gamper mendirikan Klub ini  pada tahun 1899. Klub ini telah menjadi simbol budaya Catalan dan Catalanisme, yang mempunyai motto “Més que un club” (Lebih dari sebuah klub).

Lagu kebangsaan resmi Barcelona adalah “Cant del Barça”, penulisnya adalah Jaume Picas dan Josep Maria Espinas.

Klub ini masuk menjadi peserta Primera División (Divisi Utama) sejak tahun 1928, dan bersama-sama Real Madrid dan Athletic Bilbao menjadi tim yang tak pernah terdegradasi ke Segunda División (Divisi Dua). Klub ini juga menjadi klub yang menjuarai liga Spanyol pertama kali.

Pendukung FC Barcelona

FC Barcelona memiliki pendukung yang disebut cules. Sepanjang Eropa, Barcelona memiliki pendukung terbanyak kedua setelah Real Madrid. adalah favorit klub pilihan kedua. FC Barcelona juga memiliki rata-rata kehadiran tertinggi klub sepak bola Eropa kedua  di belakang Borussia Dortmund.

Rivalitas klub FC Barcelona

  • El Clásico ( Real Madrid Vs FC Barcelona )

Dalam sebuah liga nasional di suatu negara, sering terdapat persaingan sengit antara dua tim terkuat, dan ini terutama terjadi di La Liga, di mana pertandingan antara Real Madrid dan Barcelona dikenal sebagai “Pertemuan Klasik” (El Clásico). Sejak awal kompetisi nasional dimulai, kedua klub sering dipandang sebagai pencerminan/wakil dari dua daerah berbeda di Spanyol, Catalunya dan Castilla, serta dari dua kota. Persaingan ini mencerminkan berbagai hal, termasuk ketegangan politik dan budaya antara Catalunya dan Castilla yang merupakan gambaran umum dari Perang Saudara Spanyol.

Pada tahun 1950, persaingan tersebut memburuk saat ada kontroversi seputar transfer Alfredo Di Stefano, yang akhirnya bermain untuk Real Madrid dan merupakan kunci kesuksesan mereka berikutnya. Pada era 1960-an, kedua klub kemudian bertemu pada Piala Champions lebih dari dua kali dan pada tahun 2002. Pertemuan antara klub Eropa tersebut mendapat julukan  sebagai “Pertandingan Abad Ini” oleh media Spanyol dan  lebih dari 500 juta orang di seluruh dunia menyaksikan pertandingan tersebut.

  • El derbi Barceloní ( Espanyol Vs FC Barcelona )

FC Barcelona mempunyai rival sekota yaitu Espanyol. Namun, derby lokal ini kurang menarik karena kekuatan mereka tidak seimbang. Barcelona sangat dominan. Dalam tabel liga, Espanyol hanya mampu mengalahkan FC Barcelona tiga kali dalam hampir 70 tahun terakhir. Salah satunya Pada musim 2008-09, Espanyol mengalahkan FC Barcelona  2-1 dan  menjadi tim pertama yang mengalahkan Barcelona di Camp Nou pada musim treble  kemenangan mereka saat itu.

Prestasi FC Barcelona

FC Barcelona adalah satu-satunya klub Eropa telah memainkan sepak bola kontinental setiap musim sejak tahun 1955 dan salah satu dari tiga klub tidak pernah merasakan degradasi di La Liga, bersama dengan Athletic Bilbao dan Real Madrid. Pada tahun 2009, Barcelona menjadi klub pertama di Spanyol yang memenangkan treble winner. Yaitu, La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Pada tahun yang sama, juga menjadi klub sepak bola pertama yang memenangkan semua kompetisi dalam satu tahun. Yaitu,  La Liga, Copa del rey, Piala Super Spanyol, Liga Champiom, Piala Super UEFA dan Piala Dunia Antarklub FIFA.

FC Barcelona mengoleksi  23 gelar Liga Spanyol, 25 gelar Copa del Rey, 10 gelar Piala Super Spanyol, 5 gelar Liga Champions Eropa, 4 gelar Piala UEFA dan 4 gelar Piala Super Eropa. FC Barcelona juga menjadi salah satu tim  paling sukses di Spanyol, Eropa, dan dunia.

Mungkin hanya ini tentang Sejarah dan Prestasi FC Barcelona yang bisa kami sampaikan.

Kiriman serupa

1 Komentar

  1. […] Sejarah dan Prestasi FC Barcelona […]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *