Sejarah Brighton & Hove Albion FC

Brighton & Hove Albion dalam beberapa musim terakhir mempunya sejarah singkat untuk bisa mencapai Liga utama inggris atau Liga Premier Inggris. Klub sepak bola Inggris Brighton & Hove Albion masuk  menjadi anggota Football League pada tahun 1920. Tempat ke-13 di Divisi 1 pada tahun 1982 sejauh ini merupakan hasil terbaik yang telah mereka capai. Mereka juga berhasil mencapai final Piala FA pada tahun berikutnya, yaitu 1983. Tetapi, mereka kalah melawan Manchester United.

Sejarah Berdirinya Brighton & Hove Albion

Klub ini berdiri pada tahun 1901, awalnya bernama Brighton & Hove United tetapi beberapa tahun kemudian mereka merubahnya menjadi Brighton & Hove Albion seperti nama saat ini. Mereka mulai bersaing di Liga Selatan yang mereka menangkan pada tahun 1910. Pada tahun yang sama mereka juga berhasil memenangkan FA Charity Shield. Brighton bertanding melawan Aston Villa, pertandingan antara juara Liga Selatan dan juara Football League, yang sekarang disebut Community Shield. Mereka berhasil menang 1-0 di Stamford Bridge kandang Chelsea FC dengan gol dari pemain internasional Irlandia, yaitu Charlie Webb.

Selama Perang Dunia Pertama berlangsung. Sebagian besar pemain Brighton pergi untuk bergabung dengan Angkatan Darat dan klub pun rehat pada tahun 1915 selama empat tahun lamanya. Akibat dari Perang tesebut, Empat pemain mereka termasuk kiper lama Bob Whiting, termasuk para pendukungnya kehilangan nyawa mereka dalam konflik tersebut.

Mereka menjadi anggota Football League pada tahun 1920, ketika Divisi Ketiga terbentuk. Mereka terus berjuang untuk naik kasta, hingga Pada musim 1957-1958 klub tersebut memenangkan Divisi III dan akhirnya promosi ke Divisi II.

Albion membutuhkan waktu 38 tahun untuk mencapai kasta Utama tersebut. Mereka sukses memenangkan satu tempat promosi yang tersedia. Klub terkenal menjadi Tim pembunuh raksasa pada saat itu, mereka  mengalahkan Oldham Athletic, Sheffield United, Everton dan Chelsea di hadapan pendukung mereka di Goldstone Ground dan mereka juga memenangkan laga tandang dengan mengalahkan Grimsby Town, Portsmouth dan Leicester City. Yang Notabene Klub-klub tersebut merupakan Tim-tim besar pada saat itu. Sebuah pertandingan piala Liga pada tahun 1933 ketika melawan West Ham United penonton yang hadir mencapai  32.310 penonton yang datang ke Goldstone, dan menjadi rekor yang bertahan selama 25 tahun.

Kemunduran Brighton

Tetapi setelah itu Brighton harus jatuh bahkan sampai ke Divisi Keempat pada tahun 1960-an. Penampilan yang lebih baik datang pada tahun 1970-an. Ketika klub  berhasil promosi kembali ke Divisi Kedua dan beberapa tahun kemudian, untuk pertama kalinya dalam sejarah Brighton & Hove Albon promosi ke Divisi Pertama pada tahun 1979.

Tempat terbaik mereka di liga utama inggris, yaitu posisi  ke-13 pada tahun 1982. Sejauh ini merupakan hasil terbaik yang telah mereka capai dalam sejarah mereka saat ini. Mereka juga berhasil mencapai final Piala FA pada tahun berikutnya, yaitu 1983. Tetapi, mereka kalah melawan Manchester United.

Namun, walaupun mereka berhasil mencapai Final Piala FA pada musim itu juga menjadi musim terakhir The Seagulls bermain di kompetisi tertinggi sepakbola Inggris. Karena Brighton kemudian harus terdegradasi dari Divisi Utama setelah menempati peringkat ke-23 pada klasmen akhir musim tersebut.

Awal Kebangkitan

Brighton mengalami kesulitan keuangan pada taakhir tahun 1990-an. Bahkan, mereka bermain di divisi keempat atau Divisi terendah sepakbola Liga Inggris. Pada Liga Inggris musim 1997-98 puncak kesulitan mereka. Brighton hampir terdegradasi ke Divisi Conference. Divisi tersebut merupakan Divisi di bawah Football League Two. Brighton Juga terancam kehilangan Stadion kebanggaan mereka, yaitu Goldstone Ground yang telah menjadi kandang mereka selama 95 Tahun.

Beruntungnya Brighton selamat dari ancaman degradasi setelah kemenangan pada pertandingan akhir Football League. Meskipun begitu klub tetap kehilangan stadion mereka. Karena pemilik stadion tersebut menjualnya untuk mengatasi masalah keuangan mereka.

Brighton berhasil Promosi ke Football League One pada musim 2000/01 mereka juga langsung promosi lagi ke Football League Championship musim berikutnya, yaitu Musim 2001/02. Tetapi mereka harus turun kasta kembali musim berikutnya pada musim 2002/2003. Setelah itu musim – musim berikutnya Brighton & Have Albion menjadi Tim yang bolak – balik Divisi Championship dan Divisi I.

Setelah beberapa kali gagal Promosi ke Liga Premier Inggris lewat babak Play-off. Brighton berhasil Promosi Pada musim 2016-17. Setelah mereka berada di urutan kedua di Klasemen EFL Championship dan berhak otomatis tampil di Liga Premier Inggris. Brighton tampil kembali di divisi teratas setelah menunggu selama 34 tahun. Setelah itu mereka masih bertahan di Liga Premier Inggris sampai sekarang dan konsisten berada di papan tengah Klasemen Liga Inggris.

Salah satu keunikan pendukung Brighton & Hove Albion adalah mereka selalu melakukan Parade bus dan hampir 10.000 orang turun ke jalan. Perayaan tersebut terjadi setiap tanggal 14 Mei bertepatan dengan pertama kali klub promosi ke Liga Premier.  pendukung dan klub mereka – ditempa dalam keadaan yang paling buruk – sekuat di Brighton & Hove Albion.

Info  dasar

Berdiri : 1901

Negara: Inggris

Kota: Falmer

Stadion

County Cricket Ground (1901-1902)

Goldstone Ground (1902-1997)

Priestfield Stadium (1997-1999)

Withdean Stadium (1999-2011)

Falmer Stadium (2011- Sampai sekarang)

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: