Sejarah Brentford FC

Brentford Football Club berdasarkan sejarah adalah klub sepak bola Liga Inggris yang berbasis di Brentford, London Barat, Inggris. Mereka bermain di stadion Griffin Park, sebagai kandang mereka sejak tahun 1904. Kemudian mereka pindah ke Brentford Community Stadium pada tahun 2020. Brentford FC memiliki sejarah rivalitas yang panjang dengan Fulham. Masa kejayaan klub terjadi pada periode tahun 1930-an. Saat itu mereka berada di 6 besar Liga Inggris, yang dulu masih bernama Divisi I. Setelah perang dunia II, sejarah mereka hanya mampu berkompetisi di Divisi III dan IV dalam sistem sepak bola liga Inggris. Brenford FC mempunyai Julukan The Bees.

Sejarah Awal Berdiri Brentford FC

Brenford FC berdiri pada Oktober 1889, sebagai upaya para olahragawan lokal untuk membentuk suatu klub sepak bola atau rugby yang permanen di kota mereka. Pada tahun 1896, Brentford bergabung dengan Liga London, Kemudian Masuk ke Liga Selatan pada tahun 1898 dan bergabung dengan Football League pada tahun 1920. Selain Fulham yang merupakan Saingan utama mereka juga bersaing dengan sesama klub London Barat lainnya seperti Chelsea dan Queens Park Rangers.

Pada musim 1896-97 Brenford menjadi Anggota pendiri Liga London di Divisi Dua dan promosi ke Divisi Satu pada musim selanjutnya setelah menjadi Runner-up Liga London musim 1897-98

Era Perang Dunia Pertama

Brentford berkompetisi di Liga London Combination sebelum Perang Dunia I Pecah. Skuad Brenford saat itu banyak yang ikut berperang selama Perang Dunia I. Sehingga penampilan mereka tidak konsisten dan mengalami kebangkrutan. The Bees mencapai babak pertama Piala FA untuk pertama kalinya pada tahun 1905–06 , maju ke babak ketiga sebelum menyerah pada Liverpool di Anfield .

Pada saat itu, Brentford adalah anggota Liga Selatan selama 22 tahun. Ketika perang dunia I pecah pada Agustus 1914 klub berada dalam kondisi keuangan yang genting. Itu mengakhiri musim itu dengan menurunkan tim amatir. Mereka juga berlabuh di Divisi Kedua Liga Selatan, terdegradasi pada tahun 1913.

Brentford bergabung dengan Football League pada tahun 1920 dan juga termasuk menjadi anggota pendiri Football League Divisi III Selatan. Bersama dengan 20 klub Divisi I Liga Selatan lainnya yang terpilih ke dalam Football League sebagai anggota pendiri Divisi Ketiga untuk musim 1920–21. Setelah Brentford menolak kesempatan untuk bergabung ke Football League untuk musim 1919–20 dan lebih memilih untuk bergabung dengan Divisi Pertama Liga Selatan.

Brentford Era Football League

Pertandingan Liga pertama mereka berlangsung pada 28 Agustus 1920 di St James Park melawan Exeter City, yang berakhir dengan kekalahan 3-0.

Setelah terpilih ke dalam kompetisi Football League pada tahun 1920. Brentford baru memenangkan gelar Divisi III Selatan pada tahun 1932–33 dan gelar Divisi II pada musim 1934–35.

Semuanya berubah pada tahun 1926, ketika mantan bos Gillingham Harry Curtis menjadi manajer Brentford. Meskipun hanya finis di papan tengah selama tiga musim pertamanya. Curtis perlahan membangun kembali skuatnya dengan mengakuisisi beberapa pemain berkualitas. Divisi III Selatan musim 1929-30 musim mulai memberikan awal untuk kesuksesan masa depan mereka. Dengan rekor kandang Klub yang tak terkalahkan sebanyak 21 pertandingan dan semuanya berakhir dengan kemenangan. Rekor tersebut menjadi rekor nasional yang masih belum tergantikan sampai sekarang. Meskipun Brentford menciptakan rekor tersebut, tetapi mereka gagal untuk promosi ke Divisi II etelah finish sebagai runner-up di bawah Plymouth Argyle.

Sejarah Brentford Promosi Ganda

Impian Klub baru tiba pada musim 1932-33, setelah brentford meraih gelar Divisi III Selatan. Brentford pun Promosi ke Divisi II Football League. Kemudian dua musim berikutnya Brentford berhasil promosi lagi ke Divisi I, yaitu musim 1934–35. Meraih gelar juara Divisi II dan promosi ke Divisi I untuk pertama kalinya dalam sejarah klub.

Setelah naik dengan cepat dari tingkat ketiga ke tingkat pertama dalam waktu hanya tiga musim, manajer Harry Curtis memilih untuk tetap mempertahankan skuadnya di Divisi I musim 1935–36. Setelah 15 pertandingan awal liga, Brentford tampak pasti akan terdegradasi, tetapi di pertengahan musim yang luar biasa. Brentford mulai menunjukkan bentuk permainan terbaik mereka. Setelah hanya kalah dua kali dari 23 pertandingan terakhir. Mereka berhasil finis di posisi ke-5 Divisi I dan menjadi peringkat terbaik klub di Liga Inggris sepanjang masa.

Brentford kembali tampil di atas ekspektasi selama musim 1936–37 dan 1937–38. Mereka finis ke-6 di setiap musimnya dan mencapai putaran keenam Piala FA untuk pertama kalinya. Tiga finis enam besar berturut-turut di Divisi Pertama menjadikan Brentford sebagai salah satu klub top di Inggris.

Degradasi dan Kemunduran Brentford

Setelah bertahan selama 5 musim, penurunan dimulai pada tahun 1938 Setelah menikmati masa keemasan klub. Pada akhirnya Musim 1938–39 adalah awal dari kemerosotan Brentford yang menyebabkan degradasi klub. Yang bermula pada musim 1946-47 mereka terdegradasi ke Divisi II. Kemudian Terdegradasi lagi dan kembali bermain di Divisi III Selatan musim 1952-53. Bahkan pada musim 1962-63 mereka semakin terlempar jauh ke bawah, mereka Terdegradasi ke Divisi IV Liga.

Setelah mengalami penurunan dan kesulitan keuangan Penampilan Brentford hanya menjadi Tim Yo-yo yang selalu turun naik Divisi. Hingga pada musim 2020-21, Brenford memenangkan Final Play-off Championship dan promosi ke Liga Premier Inggris dan merupakan pencapaian tertinggi untuk pertama kalinya dalam sejarah Brentford sejak musim 1946–47.

Tim bersaing di Liga Premier untuk musim 2021–22, tingkat pertama dari sistem liga sepak bola Inggris.  Sejauh ini Brentford bisa bernafas lega karena berada di papan tengah Klasemen Liga Inggris menjelang Akhir musim 2021-22.

Info Dasar

Berdiri : 1889

Negara : Inggris

Kota : West Bromwich

Stadion

Griffin Park (1904-2020)

Brentford Community Stadium (2020- Sampai Sekarang)

Prestasi

Tanggapan Pembaca

Ikuti Artikel Terbaru dari Sudutbola.com

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: