Atletico Madrid 2017 logo.svg

Atletico Madrid dan Sedikit Cerita

Atletico Madrid. Sedikit Cerita, Atletico  Madrid adalah tim sepak bola  yang bermain di La Liga Spanyol. Tim yang berdiri 26 April 1903  ini bermarkas di Madrid dan memiliki prestasi yang baik di sepak bola Spanyol. Klub ini juga memiliki rivalitas dengan tetangganya Real Madrid. Derbi Madrid adalah sebutan untuk setiap pertandingan mereka.

Stadion

Pada awal dekade 1990-an, Dewan Olahraga Madrid mempromosikan  kota tersebut untuk menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia Atletik pada tahun 1997, di antara persiapannya adalah membangun sebuah stadion Olimpiade di bagian timur kota Madrid.

Pada tahun 1990, Cruz y Ortiz mengusulkan untuk memulai pembangunan stadion. Pembangunan Stadion rampung pada tahun 1993, namun pembukaan stadion dilakukan pada September 1994. Stadion ini menjadi populer dengan sebutan La Peineta yang berarti sisir, karena bentuknya mirip dengan sisir rambut tradisional. Stadion tersebut mempunyai kapasitas 54.960 kursi.

Pada tahun 11 September 2013, Atletico Madrid mengumumkan bahwa klub akan membangun stadion baru di lokasi La Peineta. Kemudian, stadion secara resmi menjadi hak milik klub. Stadion baru akan menggantikan Stadion Vicente Calderon sebagai lokasi pertandingan kandang Atletico sejak awal musim 2017–18. Stadion tersebut bernama Wanda Metropolitano yang berarti  Wanda untuk alasan sponsor dan Metropolitano adalah nama stadion lama Atlético sebelum Vicente Calderón.

Rivalitas Atletico Madrid

Atletico Madrid mempunyai rival sekota, yaitu Real Madrid. Ketika perang saudara di spanyol berakhir. Penguasa spanyol yaitu, jenderal fransisco franco menjadikan Klub sepakbola Real Madrid sebagai alat untuk memulihkan reputasi Spanyol, karena cap fasis melekat pada spanyol pasca Perang Dunia II.

Franco mendatangkan sederetan pemain berkualitas dari Spanyol dan dunia. Seperti Alfredo di Stefano dan Ferenc Puskas. Lalu, membangun Stadion Real yang megah di kawasan berkelas, Castellan. Hal itu, menimbulkan kecemburuan dari wilayah selatan kota Madrid. Di stadion baru di pinggiran sungai Manzanares. Vicente Calderon, Atletico mendapat dukungan dari kaum buruh. Perseteruan Real dan Atletico pun mendapat julukan “sentimento de rebeldia” atau wujud dari sikap membangkang.

Keberhasilan Diego Simeone

Pada tanggal 23 Desember 2011, Simeone telah resmi melatih klub Atletico Madrid. Sejak Diego Simeone melatih, Atletico Madrid berangsur-angsur mampu menjadi klub papan atas di Spanyol dan menjadi klub yang mampu bersaing di papan atas liga Spanyol. Tim yang mendapat julukan Los Colchoneros pun sukses mengganggu dominasi Barcelona dan Real Madrid dalam sewindu terakhir.

Mereka mampu meraih gelar juara Copa del Rey musim 2012-2013 dan Liga Spanyol musim 2013-2014. Kemudian, klub berhasil memenangkan dua piala pertama di Eropa. yaitu meraih gelar juara Liga Europa dan Piala Super UEFA dengan mengalahkan tim yang sama. Tahun berikutnya, klub menambah rekor kemenangan dengan menjuarai turnamen Copa del Rey.

Prestasi

Atletico Madrid telah meraih gelar juara La Liga sebanyak 10 kali dan Copa del Rey sebanyak 10 kali juga. Piala Interkontinental sebanyak 11 kali 1974,Piala Winners 1 kali kemudian, mereka juga telah memenangkan gelar Liga Eropa UEFA 4 kali dan Piala Super UEFA 3 kali.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *