Piala FA Inggris

Piala FA atau The Football Association Challenge Cup, adalah kompetisi musim gugur sepak bola tahunan di Liga Premier Inggris dan merupakan kompetisi sepak bola tertua di dunia. Pengelola kompetisi ini adalah asosiasi sepak bola Inggris (FA) yang pesertanya berasal dari klub-klub sepak bola di Liga Inggris. Saat ini  Piala FA menerima dukungan sponsor dari Emirates Fly.

Piala FA mulai untuk pertama kalinya Pada musim 1871-72. Turnamen ini terbuka untuk semua tim yang bersaing di Premier League, Football League, Liga Konferensi Sepakbola dan  6 Klub hasil seleksi dari Sistem Liga Nasional.

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

PIALA LIGA INGGRIS

Ketika FA  pertama kali menggelar kompetisi ini hanya beranggotakan 17 klub musim 1871-1872. Pertandingan final pertama adalah antara Wanderers melawan Kennington Oval, yang berakhir dengan skor 1-0. Pencetak Gol kemenangan dari Wanderers adalah Morton Betts.

Pembunuh Raksasa

Apa maksud dari pembunuh raksasa? Julukan ini muncul ketika ada klub Non unggulan atau Klub yang berada di divisi bawah Liga Premier Inggris yang dapat mengalahkan tim Liga Premier Inggris yang secara di atas kertas jauh lebih kuat. Jadi kompetisi ini menjadi kesempatan besar untuk klub-klub non-Unggulan  untuk memenangkan trofi. Faktanya, sistem Gugur inilah yang memmbuat  kompetisi ini terasa begitu menarik dan penuh kejutan. Jadi, Intinya adalah bahwa semua tim punya peluang untuk menjadi juara.

Berikut ini adalah daftar Klub Juara Piala FA dari Non-Liga Premier Inggris atau kasta di bawahnya.

Notts County      dari Divisi Dua  pada tahun 1894

Tottenham Hotspurs         dari Divisi Southern League pada tahun 1901

Wolverhampton Wanderers                dari Divisi Dua pada tahun 1908

Barnsley               dari Divisi Dua pada tahun 1912

West Bromwich Albion          dari Divisi Dua pada tahun 1931

Sunderland         dari Divisi Dua pada tahun 1973

Southampton    dari Divisi Dua pada tahun 1976

West Ham United          dari Divisi Dua pada tahun 1989

Juara Piala FA Berhak Tampil di Kualifikasi untuk Liga Eropa.

Pemenang dari Piala FA ini berhak untuk bermain di Liga Eropa musim selanjutnya. Tempat ini tetap berlaku walaupun klub juara tersebut  terdegradasi seperti Wigan Athletic pada tahun 2013 lalu. Dulunya, jika klub yang memenangkan Piala FA  berhak untuk tampil di Liga Champions  musim berikutnya. Maka finalis yang kalah pada Final  Piala FA, berhak tampil di Liga Eropa Bersama pemenang Piala Liga.

Pemenang Piala FA memasuki Liga Eropa mulai bertanding di babak penyisihan grup. Namun, Sejak musim  2015-2016 UEFA tidak mengizinkan finalis yang kalah untuk lolos ke Liga Eropa. melalui kompetisi. Pemenang Piala FA juga berhak tampil untuk pertandingan  FA Community Shield. Yaitu pertandingan pembuka sebelum musim Liga Inggris mulai berjalan lagi. Pertandingan ini mempertemukan antara juara Liga Premier Inggris dan juara Piala FA.

Sejak tahun 1923, pertandingan  final Piala FA selalu berlaga  di Stadion Wembley, London. Ini merupakan gagasan dari Duke of York, dia adalah orang yang akan menjadi Raja George VI. Dua tim yang beruntung pada pertandingan final pertama di stadion ini adalah Bolton Wanderes dan West Ham United.

Kejadian – kejadian menarik Piala FA

Rekor gol terbanyak dan kemenangan terbesar dalam satu pertandingan yaitu milik Nottingham Forest. Pada saat itu Forest mengalahkan Clapton dengan skor 14-0 pada musim 1890-1891.

Rekor rata-rata pemain tertua yang tampil di final yaitu milik  Arsenal. Mereka  menurunkan pemain yang rata-rata pemainnya  berusia 31 tahun pada saat itu, mereka juga  sukses menjadi juara setelah  mengalahkan Liverpool di final pada tahun 1950.

Arsenal menjadi klub yang paling banyak menjadi juara dengan koleksi 14 gelar dan juga klub yang paling banyak tembus ke final Piala FA yaitu sebanyak 21 kali.

Sejak turnamen bergulir pada tahun 1872, hanya ada 12 klub yang sukses tampil di partai final, tetapi tak pernah bisa memboyong piala ke markasnya. Mereka adalah Queens Park Rangers, Brighton & Hove Albion, Watford, Crystal Palace, Bristol City, Birmingham City, Leicester City, Luton Town, Fulham, Middlesbrough, dan Millwall. Bahkan, Leicester City mencatatkan empat kali tampil di final yaitu pada tahun 1949, 1961, 1963, dan 1969, dan selalu pulang dengan kekalahan.

Salah satu final yang menarik lainnya adalah 3 gol terjadi pada masa injury time. Hal ini terjadi pada final tahun 1979 saat Arsenal mengalahkan Manchester United dengan skor 3-2. Pada saat itu  Arsenal unggul 2-0 sampai menit ke 88. Namun, dalam waktu 2 menit  penghujung babak kedua, Manchester United berhasil menyamakan  skor menjadi 2-2. Lalu, satu menit kemudian Alan Sunderland mencetak gol ke tiga untuk  Arsenal dan membawa Arsenal menjadi juara.

Pemain yang paling banyak mengangkat piala ini adalah Ashley Cole, yaitu sebanyak 7 kali. Ia berhasil mencapainya ketika bersama Arsenal pada tahun 2002, 2003, dan 2005. Lalu,  bersama Chelsea sebanyak 4 kali pada tahun 2007, 2009, 2010, dan 2012.

Sedangkan Didier Drogba, legenda Chelsea dari Pantai Gading menjadi pemain yang sering tampil di final. Ia membuat rekor itu pada final 2007, 2009, 2010, dan 2012 saat membela Chelsea.

Kejutan besar ketika West Ham mengalahkan arsenal dengan skor 1-0 di final Piala FA pada tahun 1980. Karena, mereka berhasil mengalahkan  juara bertahan dan menempati posisi keempat Liga Premier. Sementara  West Ham berada di posisi ketujuh di Divisi Dua atau Championship. Kemenangan kejutan lainnya adalah  final Piala FA tahun 1973 saat itu Sunderland mengalahkan atas tim Divisi Satu, yaitu Leeds United.

Wigan adalah satu-satunya tim yang memenangkan Piala FA dan kemudian  terdegradasi dari Liga Premier Inggris di musim yang sama.

Seluruh tim yang berlaga di Premier League, Football League, Football Conference dan klub-klub kasta 3-5, serta beberapa klub kasta 6 yang terpilih dari Sistem Liga Nasional berhak ikut serta dalam kompetisi ini.

Pemenang Trofi Piala Terbanyak

Dalam sejarah Piala FA, hanya ada 24 tim di final yang berasal dari selain peserta Liga Premier  sepakbola Inggris.

43 tim yang berbeda telah berhasil mengangkat trofi Sejak kompetisi ini bergulir. Berikut ini adalah 10  daftar pemenang Trofi terbanyak  :

Arsenal 14 kali  

Manchester United         12 kali  

Chelsea                8 kali     

Tottenham Hotspur        8 kali     

Liverpool             7 kali

Aston Villa           7 kali

Newcastle United           6 kali     

Blackburn Rovers           6 kali     

Everton                5 kali

Manchester City            6 kali     

Aturan Baru

Kompetisi Piala FA musim 2020-2021 sudah pasti  akan menggunakan sebuah aturan baru. Biasanya kedua tim yang bermain imbang harus menjalani pertandingan ulang untuk menentukan  siapa pemenangnya yang berhak lolos ke babak berikutnya. Pertandingan ulang  tersebut secara resmi dihapus untuk musim 2020-2021 oleh pihak FA. Ini tentu akan membuat pertandingan yang berakhir dengan hasil imbang pada babak normal harus berlanjut  ke perpanjangan waktu hingga adu penalti untuk menentukan siapa pemenangnya.

Keputusan itu diambil oleh pihak penyelenggara agar dapat mengurangi jadwal yang padat  Klub – klub Liga Premier karena ada sebagian Klub yang harus bertanding di turnamen Eropa.  sepak bola musim depan. Terkait waktu pengundian babak penyisihan Piala FA rencana akan dilakukan pada tanggal 18 Agustus 2020.

Pada tanggal 1 September kompetisi ini mulai bergulir. Dan berakhir pada tanggal 15 Mei yaitu pertandingan Final yang akan tetap bermain di Stadion Wembley.

Baca juga :

BURSA TRANSFER

LIGA CHAMPIONSHIP INGGRIS

WHITE HART LANE

STADION TOTTENHAM HOTSPURS

KLASEMEN LIGA INGGRIS PEKAN KE-21

BURSA TRANSFER 2021

Tanggapan Pembaca

Ikuti Artikel Terbaru dari Sudutbola.com

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: