Logo Arsenal FC

Masa Kejayaan Arsenal FC

Masa Kejayaan Arsenal FC memang tidak mudah untuk dilupakan begitu saja. Penampilan impresif mereka pada masa itu membuat para pendukung fanatik arsenal berbangga hati sampai saat ini. Sekarang mari kita bahas sejarah masa kejayaan Arsenal FC.

Awal Berdiri Arsenal FC

Arsenal FC berdiri di daerah Woolwich, bagian tenggara kota London pada tahun 1886 dengan nama Dial Square, lalu dengan cepat berganti nama menjadi Royal Arsenal. Tahun 1891, mereka mengganti namanya menjadi Woolwich Arsenal.

Pada tahun 1913, klub ini pindah ke wilayah utara, tepatnya di daerah Highbury dan membangun Stadion Highbury yang menjadi markas baru mereka. Saat pindah ke lokasi itulah, Arsenal menghapus nama depan klub mereka, yaitu Woolwich. Sehingga hanya nama Arsenal yang tersisa. Klub ini bermain di Liga Utama Inggris yang termasuk salah satu klub tersukses di sepak bola Inggris.

Kostum

Warna jersey kandang Arsenal telah menjadi inspirasi bagi setidaknya tiga klub lainnya. Antara lain : 

  1. Sparta Prague mengadopsi kit merah gelap seperti yang dipakai Arsenal tahun 1909,
  2. Sporting Clube de Braga  mengubah kit hijau timnya menjadi duplikat merah Arsenal dengan lengan putih dan celana pendek tahun 1920.
  3. Hibernian  mengadopsi desain lengan baju Arsenal dalam strip hijau dan putih mereka sendiri tahun 1938.

Tim-tim ini masih memakai desain itu sampai hari ini.

Stadion Arsenal FC

Arsenal FC menempati markas barunya, Stadion Emirates pada bulan Juli 2006 sampai sekarang. Stadion Emirates Mempunyai kapasitas 60.500 kursi dan terletak di Ashburton Grove. Pertandingan pertama yang digelar adalah  sebuah pertandingan persahabatan antara Arsenal dengan para pemain legenda  Belanda untuk perpisahan Dennis Bergkamp. Seorang mantan penyerang Arsenal.

 

Prestasi Arsenal FC

Prestasi prestasi yang telah dicapai arsenal adalah :

  • Pemegang rekor untuk periode terpanjang berada di kasta puncak Liga Inggris tanpa pernah terdegradasi sejak musim 1919 dan menjadi tim pada peringkat pertama dalam klasemen Liga Inggris sepanjang abad ke-20.

  • Tim  yang menyelesaikan  semusim liga tanpa kalah pada musim 2003-04 dan tim pertama yang melakukannya pada era di mana satu musim berlangsung 38 pertandingan.

  • Memenangkan 13 gelar kasta utama Liga Inggris,13 gelar di Piala FA (Gelar paling banyak) dan 1 gelar piala winner.

  • Arsenal juga merupakan klub London pertama yang mencapai final Liga Champions UEFA, pada tahun 2006. Namun,  kalah 2-1 dari Barcelona.

Rivalitas

Rival utama Arsenal adalah Tottenham Hotspur. Karena, lokasi stadion Arsenal dekat dengan markas Tottenham Hotspur. Maka tak heran jika pertandingan Arsenal vs Tottenham Hotspur disebut “North London derby” dan merupakan salah satu derby terpanas di London.

Arsenal adalah klub sepak bola paling kaya keempat di dunia pada tahun 2013 dan merupakan tim sepak bola pertama yang memperkenalkan penggunaan angka pada jersey.

Perjalanan Arsenal

Herbert Chapman adalah pelatih  yang mengawali masa kejayaan Arsenal FC. Dia  melatih pada rentang tahun 1925-35 dan berhasil menjuarai beberapa kompetisi domestik Inggris seperti, Piala FA, Liga Utama, dan Charity Shield. Sekaligus mendominasinya dan menjadikan Arsenal sebagai kekuatan paling dominan di Inggris saat itu.

Arsenal berhasil mencapai prestasi terbaik Arsenal di Eropa pertama kali  pada musim 1969-70, di ajang Fairs Cup (pendahulu dari Piala UEFA). Arsenal menjadi juara untuk pertama kalinya  setelah berhasil mengalahkan klub RSC. Anderlecht dengan agregat 4-3 (dengan sistem home and away).

Pada tahun 1991, Arsenal menjadi juara bersama dengan Tottenham Hotspur dalam Community Shield setelah hasil kedudukan imbang 0-0 (saat itu, jika kedudukan seri maka kedua tim dianggap juara).

Pada musim 1993-94, ditangan pelatih George Graham, Arsenal kembali juara di kancah Eropa. Setelah mengalahkan klub Parma FC dengan skor 1-0. Pada musim berikutnya, Arsenal kembali berhasil ke final di ajang yang sama, tetapi kali ini mereka kalah oleh Real Zaragoza dengan skor 2-1.

Kejayaan Arsene Wenger

Arsene Wenger melatih Arsenal pada tahun 1996. Dia berhasil membuat Arsenal kembali berjaya dan berhasil merusak dominasi Manchester United di Liga Utama Inggris pada saat itu. Dia mampu membawa  Arsenal  meraih gelar Liga Utama Inggris dan Piala FA pada musim 1997-98.

Di kancah Eropa, Arsenal berhasil menjadi runner-up di ajang Piala UEFA pada tahun 2000 setelah kalah melawan Galatasaray lewat adu penalti 4-1. Arsenal meraih gelar Piala FA dan Liga Utama Inggris pada musim 2001-02. Pada musim 2003–04 hingga awal musim  2004–05, Arsenal berhasil mencetak rekor 49 pertandingan tak terkalahkan dan mematahkan rekor milik Preston North End (18 kali) yang merupakan rekor tak terkalahkan terpanjang di dalam sejarah sepak bola Inggris.

Setelah itu, selama sembilan tahun Arsenal tidak pernah meraih gelar. Meskipun sempat masuk final dalam berbagai ajang. Pada musim 2005-06, Arsenal menjadi finalis Liga Champions setelah kalah dari  FC Barcelona 2-1 di Stade de France, Paris.

Arsenal juga menjadi finalis pada tahun 2007 dan 2011 pada Piala Liga Inggris, masing-masing kalah 2–1 dari Chelsea dan kalah dengan skor yang sama dari Birmingham City.

Pada tahun 2014, Arsenal meraih gelar pertamanya setelah sembilan tahun lewat ajang Piala FA dengan mengalahkan Hull City. Kemudian, Arsenal kembali meraih trofi yang sama  setelah mengalahkan Aston Villa 4-0. Pada tanggal 20 April 2018, Wenger memutuskan untuk meninggalkan Arsenal pada akhir musim 2017–2018. Setelah menjadi manajer Arsenal selama 22 tahun.  Pada tanggal 23 Mei 2018, Arsenal menunjuk Unai Emery  jadi manajer  yang baru.

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *