Liga Premier Inggris

Liga Premier Inggris ataupun Liga Utama Inggris merupakan liga paling tinggi dalam sistem liga sepak bola di Inggris. Kompetisi ini beranggota 20 klub, liga ini mempraktikkan sistem promosi serta degradasi. Masa kompetisi mulai dari bulan Agustus sampai Mei, di mana tiap klub akan bermain sebanyak 38 pertandingan, dengan 19 pertandingan kandang serta 19 pertandingan tandang.
Kompetisi ini bernama Football League atau English Football League (EFL) pada awal berdirinya yaitu pada tahun 1888. Pada tanggal 20 Februari 1992, sebagian klub partisipan Divisi satu Liga Inggris memutuskan untuk memisahkan diri dari liga tersebut. Serta mengambil keuntungan dari konpensasi hak siar tv yang bisa menguntungkan mereka.


Musim pertama liga yaitu musim 1992–1993 berjumlah 22 klub. Mereka adalah Arsenal, Aston Villa, Blackburn Rovers, Chelsea, Coventry City, Crystal Palace, Everton, Ipswich Town, Leeds United, Liverpool, Manchester City, Manchester United, Middlesbrough, Norwich City, Nottingham Forest, Oldham Athletic, Queens Park Rangers, Sheffield United, Sheffield Wednesday, Southampton, Tottenham Hotspur dan Wimbledon. Brian Deane dari Sheffield United adalah pencetak gol pertama liga saat itu Shefield menaklukan Manchester United dengan skor 2–1.

Format Awal Liga

Pada awalnya Liga Utama Inggris berjumlah 22 Klub. Namun pada tahun 1995 Jumlah menjadi 20, mau tak mau 4 klub harus degradasi dan hanya mempromosikan 2 Klub pada musim itu. Pada 8 Juni 2006, FIFA mengharuskan supaya seluruh jumlah partisipan liga utama di Eropa, seperti Serie A Italia dan La Liga Spanyol, harus berjumlah 18 klub. Otoritas Liga Premier Inggris merespon dengan mengumumkan untuk menolak pengurangan jumlah klub tersebut. Pada akhirnya, Liga Premier kembali berjumlah 20 klub pada musim 2007–2008.

Liga mengganti namanya dari Liga Utama Inggris FA jadi Liga Utama Inggris atau Liga Premier Inggris pada 2007. Liga Utama Inggris ini menjadi cabang olahraga dengan penonton terbanyak di dunia, dengan cakupan penonton di 212 negara di dunia. Penonton di stadion selalu terisi penuh nyaris mendekati kapasitasnya. Liga Premier Inggris berada pada peringkat kedua dalam koefisien Liga UEFA yang bersumber dari pencapaian pada kompetisi Eropa dalam 5 musim terakhir per tahun 2019, di bawah La Liga Spanyol.

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

PIALA LIGA INGGRIS

Ada 49 klub yang masih bermain sejak awal penyelenggaraannya. Yaitu, 47 klub berbasis di Inggris serta 2 klub berasal dari Wales. Sudah ada 6 Klub yang berhasil mencapai gelar juara. Klub tersebut yaitu

Manchester United sebanyak 20 kali,

Liverpool sebanyak 19 kali

Chelsea sebanyak 6 kali,

Manchester City sebanyak 5 kali,

Arsenal sebanyak 3 kali,

Blackburn Rovers sebanyak 8 kali serta

Leicester City sebanyak 2 kali.

Liga Premier tidak selalu berjaya.

Pada akhir tahun 1980-an mengalami kemunduran prestasi dalam dunia sepak bola Inggris. Stadion yang sepi, tribun penonton yang kurang memadai, teror hooligan dimana-mana, serta larangan klub Inggris untuk bermain pada kompetisi Eropa sepanjang 5 tahun. Akibat dari Kejadian Heysel pada tahun 1985.

Baru Pada tahun 1990-an tren sepakbola Inggris mulai membaik. Di mana pada Piala Dunia 1990, Tim nasional Inggris mampu mencapai babak semifinal. Dan juga UEFA mencabut larangan 5 tahun terhadap klub- klub Inggris untuk bermain di kompetisi Eropa pada tahun 1990. Sehingga, Manchester United sukses mengangkut Piala Winners UEFA pada tahun 1991.
Sampai saat ini Liga Utama Inggris masih menjadi liga favorit penonton di dunia. Ini terbukti dengan masih banyaknya pemain bintang yang bermain di Liga ini.

Alan Shearer memegang rekor di Liga Premier dengan 440 gol dari tahun-tahun di Newcastle. Pencetak gol terbanyak lainnya adalah Andy Cole (187 gol), Wayne Rooney (187 gol), Frank Lampard (177 gol), Thierry Henry (175 gol), Robbie Fowler (163 gol) dan Michael Owen (150 gol). Ekstra impresif adalah Henry dengan gol terbanyak per pertandingan: 0,68.

Baca juga :

BURSA TRANSFER

PIALA FA

LIGA CHAMPIONSHIP INGGRIS

WHITE HART LANE

STADION TOTTENHAM HOTSPURS

KLASEMEN LIGA INGGRIS PEKAN KE-21

PEMAIN MANCHESTER UNITED

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: