Liga Inggris dan Faktanya

Liga Inggris atau Liga Premier Inggris merupakan liga yang paling diminati pecinta sepakbola dunia dalam beberapa dekade terakhir. Bahkan pemain-pemain Bintang dunia banyak sekali yang ingin bermain di liga tersebut. Mereka lebih memilih bermain di liga inggris daripada liga – liga top eropa lainnya.

Atmosfer Sepakbola di Inggris lebih panas dan kompetitif sehingga mereka sangat tertantang untuk bermain dan menjadi pemain terbaik di sana. Selain Kompetisi yang ketat mereka juga melihat jaminan finansial klub – klub sepakbola inggris yang lebih terjamin. Karena keuangan klub – klub di liga inggris lebih konsisten dan banyak klub kaya raya disana. Apalagi soal sponsor tidak usah diragukan lagi jumlahnya. Sehingga mereka cenderung lebih tertarik untuk bermain di liga tersebut untuk menambah pundi – pundi penghasilan mereka.  

Liga Inggris memiliki banyak tingkatan kebawahnya dan terbagi berdasarkan wilayah dan regionalnya masing – masing wilayah dan mencakup tingkat geografis yang lebih kecil lagi di wilayahnya masing – masing.

Berita Liga Inggris

Sepak bola di inggris lebih banyak peminatnya ini terbukti dengan mendapatkan penonton terbanyak di dunia. Setiap pertandingan liga penontonnya mayoritas selalu terisi penuh. Selain itu juga sistem dan struktur kompetisi  liga yang lebih  mudah dipahami dan dimengerti oleh para pecinta olahraga khususnya pecinta sepak bola.

Kompetisi ini terdiri dari banyak klub bahkan ada sebagian klub sepakbola dari Wales yang ikut serta pada liga tersebut. Sehingga, Liga inggris terdiri dari beberapa kasta atau tingkatan dan menggunakan sistem promosi dan degradasi. Hal ini yang membuat penonton merasa penasaran dan antusias untuk menyaksikan dan mengikuti perkembangan kompetisi khususnya klub sepakbola kesayangan mereka.

Jumlah klub Liga selalu bervariasi dari tahun ke tahun karena alasan beberapa klub ada yang bergabung dan meninggalkan liga bahkan ada yang bergabung dengan klub lainnya atau merger menjadi satu klub agar Tim mereka lebih kuat.

Liga Premier Inggris

Liga Premier Inggris adalah Liga kasta tertinggi atau Liga yang paling utama di kompetisi tersebut. Berdiri pada tanggal 20 Februari 1992 dengan nama FA Premier League (Liga utama Inggris FA). Kompetisi ini terbentuk setelah beberapa klub peserta Divisi I Liga memisahkan diri dari kompetisi tersebut karena tergiur untuk mengambil keuntungan dari kesepakatan hak siar televisi yang lebih besar.

Peserta kompetisi ini terdiri dari 20 Tim yang bersaing. Setiap Tim memaminkan sebanya 38 pertandingan dan menggunakan sistem kandang dan tandang. 19 bermain di kandang dan 19 bermain Tandang. Mereka berjuang di setiap pertandingan untuk menjadi juara dan agar tidak terdegradasi ke kasta ke-2 liga. Karena  peringkat 18 sampai 20 atau 3 Tim terbawah klasemen Akhir kompetisi Pasti akan terdagradasi atau turun kasta ke Divisi Championship Inggris  di musim selanjutnya.

Klasemen Liga Inggris

Klasemen liga inggris umumnya di dominasi 5 tim raksasa atau the big five. Namun dalam 10 musim terakhir hanya ada 4 klub yang mendominasi hanya Leicester City yang mampu menyelingi dari Tim-Tim tersebut. Dari keemapt tim tersebut adalah Manchester City, Manchester United, Liverpool dan Chelsea. Klasemen liga biasanya cukup ketat di beberapa zona, yaitu zona champions, zona eropa dan zona papan bawah.

Untuk zona papan bawah persaingan lebih ketat karen jarak antar poin setia tim sangat berdekatan mereka harus berjuang sampai pertangan terakhir kompetisi. Hasil Liga Inggris di setiap pertandingannya selalu mengejutkan dan selalu banyak perubahan dalam papan klasemen liga. Ini menandakan bahwa, kompetisi ini begitu kompetitif di setiap zona yang diperebutkan. Tak terlepas dari manajer tim masing-masing yang sudah banyak menjadi tumbal keganasan liga ini. Begitu juga dengan Jadwal Liga Inggris, kompetisi ini mempunyai jadwal yang sangat – sangat sibuk dalam setiap musimnya. Setidaknya ada 5 kompetisi yang mereka jalani. Seperti, Jadwal Liga, Piala FA, Piala Liga (Carabao Cup), Liga Champions, Piala Eropa dan Liga Konferensi Eropa. Jadwal yang paling padat maksimal satu tim harus menjalani 4 kompetisi dalam satu musim.

Liga Inggris Championship

Liga Championship Inggris atau Football League Championship adalah kompetisi kasta tingkat 2 Inggris di bawah Liga Premier Inggris. Kompetisi ini diikuti olah 24 Tim. Setelah Musim kompetisi berakhir ada 3 tim teratas yang promosi ke Liga Premier. Untuk 3 Tim terbawah harus degradasi ke kasta 3 atau ke Football League One. Untuk dua Tim teratas akan otomatis promosi ke Liga premier sedangkan satu tempat lagi harus melalui babak play-off.

Babak Play-off Tim dari peringkat 3 sampai 6. Peringkat 3 akan melawan peringkat 6 dan peringkat 4 melawan peringkat 5. Pemenang dalam pertandingan tersebut akan bertanding untuk memperebutkan tiket promosi. Sedangkan untuk 4 Tim peringkat terbawah liga akan degradasi ke atau Football League One musim berikutnya.

Liga 1 Inggris dan Liga 2 Inggris atau The Football League One and Two

The Football League One atau Liga 1 Inggris  merupakan kasta  ke-3 kompetisi Liga Inggris setelah Liga Championship Inggris. Liga ini terdiri dari 24 tim. Di peringkat akhir musim, 4 Tim berhak mendapatkan tiket promosi ke Divisi Championship Inggris. 3 tim peringkat 1, 2 dan 3 berhak  promosi ke Football League One secara otomatis. Sedangkan satu tiket tersisa harus melalui  play-off dengan peserta  peringkat ke-4  hingga ke-7, keempat Tim tersebut akan menggantikan empat tim yang terdegradasi dari Kompetisi Championship atau kasta ke-2 Liga Inggris.

Untuk 4 Tim peringkat terbawah klasemen liga degradasi ke tingkat di bawahnya, yaitu Football League Two. Liga 2 Inggris atau The Football League Two

The Football League Two  merupakan kasta  ke-4 kompetisi Liga Inggris setelah Liga 1 Inggris ata The Football League One. Liga 2 ini juga berisi 24 Tim. Pada Klasemen akhir musim, 2 tim peringkat teratas promosi ke Football League One, untuk tiga tim peringkat  teratas liga berhak mendapatkan promosi otomatis. Sedangkan satu tiket lagi harus melalui  play-off dengan peserta  peringkat ke-4  hingga ke-7, keempat Tim tersebut akan menggantikan empat tim yang terdegradasi dari Football League One.

Sedangkan untuk Tim yang terdegradasi hanya 2 Tim peringkat terbawah liga yang akan turun kasta ke Divisi Football  Conference National atau Liga Nasional.

Liga Nasional Inggris

Liga Nasional Inggris adalah kasta terendah dari tingkatan level  liga sepak bola di Inggris, di bawah Liga Premier Inggris, Football League Divisi Championship, Football League I, Football League II.  Football Conference atau juga Liga Nasional Inggris terdiri dari tiga divisi, Yaitu  Liga Nasional, Liga Nasional Utara dan Liga Nasional Selatan. Peserta  Liga Nasional setengahnya Tim profesional, sementara sebagian besar untuk  Tim Liga Nasional Utara dan Liga Nasional Selatan adalah semi-profesional. Klub-klub yang sudah  profesional biasanya klub yang telah bermain di Football League pada awalnya.

Liga Nasional  terdiri dari 24 tim. Pada  akhir musim, Tim peringkat teratas promosi ke Football League Two secara otomatis. Sedangkan satu tiket lagi harus melalui  play-off dengan peserta  peringkat ke-2  hingga ke-5, kedua Tim tersebut akan menggantikan 2 tim yang terdegradasi dari Football League Two.

Sedangkan untuk peringkat 4 terbawah akan degradasi ke Liga Nasional Utara dan Selatan. Untuk keputusan ke liga mana Tim tersebut tersebut ditentukan oleh komite FA NLS. Biasanya berdasarkan aspek geografis Tim tersebut.

Piala FA

The Football Association Challenge Cup atau juga Piala FA adalah salah satu kompetisi sepak bola di Inggris. Kompetisi ini memakai format sistem gugur. Kompetisi sepak bola ini merupakan yang  tertua di dunia. Tim peserta kompetisi ini adalah Klub – klub sepak bola Liga Inggris dan penyelenggaranya adalah langsung oleh Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA) yang mengacu kepada klub-klub sepak bola pria yang ada di Inggris. FA Cup biasanya selalu ada nama tambahan tergantung nama sponsor yang mendudung. Seperti  sekarang ini Piala FA mendapat dukungan sponsor dari Fly Emirates.

Pemenang Piala FA berhak mendapat tiket untuk bermain di Liga Eropa atau Piala UEFA musim berikutnya. Sekalipun pemenangnya adalah Tim Kasta terbawah tetap saja berhak mendapatkan tiket tersebut. Mereka juga berhak memperebutkan Piala FA Community Shield pada awal musim berikutnya. Mereka akan melawan pemenang Liga Premier atau peringkat kedua Liga jika Tim pemenangnya sama.  Pertandingan ini sebagai laga pembuka Liga Premier Inggris.

Piala Liga Inggris Atau Carabao Cup

Turnamen ini sekarang bernama EFL atau juga  Piala Carabao. Karena  sesuai dengan nama sponsornya. Ini adalah salah satu kompetisi sepak bola profesional di Inggris selain Piala FA. Kompetisi ini menggunakan format sistem gugur atau satu kali pertandingan dan bermain di tempat netral. Kecuali untuk semi final mereka bertanding kandang dan tandang. Sedangkan setiap final mereka akan bermain di Stadion Wembley.

Turnamen ini berakhir pada bulan februari, lebih awal dari dua kompetisi lainnya yaitu pada bulan Mei. Pemenang dari turnament ini berhak mendapatkan Tiket ke Conference League UEFA atau turnamen kelas tiga Eropa.

Poin Kompetisi

Peringkat Tim pada klasemen Liga Inggris selalu berubah karena ketatnya pertandingan dari setiap Tim sampai akhir musim. seiring berjalannya waktu hingga musim berakhir. Asosiasi Sepakbola Inggris (FA) terus melakukan perubahan dalam menentukan setiap perolehan poin dan peringkat pada klasemen. Ini untuk menciptakan kompetisi yang adil untuk setiap Tim yang bersaing memenangkan titel Juara.

Untuk menghitung poinnya adalah setiap Tim yang memperoleh  kemenangan akan mendapat 3 poin. Kemudian Jika hasilnya imbang maka masing – masing Klub yang bertanding akan mendapatkan 1 poin, sementara yang kalah tidak mendapatkan poin alias 0. Perolehan jumlah poin tersebutlah yang akan menentukan peringkat klub di klasemen Liga Inggris.

Jika perolehan total poin antara dua Tim atau beberapa tim sama maka ditentukan dengan perolehan selisih gol dan jumlah gol masing – masing. Aturan Gol Tandang juga ikut mempengaruhi hitungan. Kemudian memberlakukan head-to-head atau mencari pemenang poin terbanyak dalam dua kali pertemuan Tim.  Jika semua  syarat dari aturan diatas tetap sama maka Pertandingan Play-Off di tempat netral untuk menentukan siapa pemenangnya.

Pertandingan Liga

Ada 20 klub yang bermain pada Liga Premier Inggris. Musim kompetisi mulai dari bulan Agustus dan berakhir pada bulan Mei. Selama satu musim kompetisi ada 38 pertandingan untuk masing-masing klub. Mereka akan saling bermain menghadapi lawannya dalam dua kali pertandingan,yaitu satu pertandingan di Kandang atau Stadion mereka sendiri dan satu kali lagi Tandang atau di stadion lawan mereka.

Setiap pertandingan biasanya berlangsung pada hari Sabtu dan Minggu petang. Namun ada juga yang berlangsung di tengah pekan Rabu dan Kamis untuk menyesuaikan jadwal pertandingan. Karena ada beberapa klub yang bermain di kompetisi Eropa seperti, Liga Champions, Piala Eropa dan Europe Conference League.

Di Inggris juga ada Tradisi boxing day. Walaupun istilah ini  bukan berasal dari ranah sepak bola tetapi istilah ini cukup populer di liga Inggris. Maksudnya yaitu, ketika banyak kaum pekerja yang harus bekerja di hari Natal dan baru keesokan harinya baru bisa merayakan Natal.

Bursa Transfer

Transfer Window atau Jendela transfer yang terjadi di mana sebuah Klub menjual atau membeli  pemain. Setiap asosiasi sepakbola nasional masing – masing bebas memutuskan waktu transfer mereka berdasarkan waktu yang telah ditetapkan mereka. Dengan menetapkan batas waktu masing-masing jendela transfer pada negara tersebut.

Periode bursa transfer ada dua, yaitu bursa transfer musim panas dan bursa transfer musim dingin. Periode jendela transfer musim panas berlaku selama 12 pekan. Biasanya terjadi ketika musim akhir kompetisi sampai awal kompetisi baru mulai. Terjadi sekitar bulan Juni sampai akhir Agustus. Sementara pada jendela transfer musim dingin hanya selama empat pekan. Pada masa pertengahan kompetisi biasanya 1 Januari sampai dengan 30 Januari.

Hak Siar Liga Inggris

Perlahan tapi pasti sepak bola di inggris saat ini kian menjelma menjadi industri. Dari waktu ke waktu semakin sulitnya penggemar untuk menikmati setiap pertandingan liga secara gratis. Liga Premier menjadi salah satu Olahraga favorit  para penggemar sepak bola khususnya di Indonesia. Hal inilah yang membuat nilai hak siar Liga Premier semakin membumbung tinggi  tiap musimnya. Walaupun demikian stasiun-stasiun TV di dunia tetap beramai-ramai memperebutkan status sebagai pemegang hak siar eksklusif.

Musim Ini saja Liga Inggris sukses mencapai Kesepakatan untuk Hak Siar  Senilai Rp191 Triliun rupiah  atau 11.6 Miliar euro. Perang penawaran antara stasiun TV dan para Provider negara-negara  besar menandakan kompetisi ini sangat populer di dunia. Hal ini jelas sangat  menguntungkan popularitas Liga Inggris dan membuat nilai jual tayangnya semakin meroket.  

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: