Liga Inggris Chelsea FC : Sejarah Singkat

Meskipun Chelsea adalah klub yang cukup konsisten di Liga Inggris. Akan tetapi sebagian besar orang-orang saat ini biasanya menyimpulkan bahwa Chelsea merupakan raksasa sepak bola yang terkenal setelah Roman Abramovich membeli Klub ini. Ini tidak terlalu mengejutkan, mengingat klub ini memenangkan sebagian besar trofi mereka dalam periode itu. Chelsea telah memenangkan gelar Liga, Piala FA dan Piala Liga. Mereka juga mendapatkan kesuksesan di Eropa. Chelsea menjadi satu-satunya klub Inggris yang memenangkan ketiga trofi utama UEFA, yaitu Piala Winners, Liga Champions dan Liga Europa.

Sejarah Chelsea FC

Chelsea berdiri pada tahun 1905 oleh Gus Mears. Dia adalah  seorang pengusaha Inggris yang sebelumnya telah  membeli stadion atletik Stamford Bridge dengan rencana mengubahnya menjadi lapangan sepak bola. Ide awalnya adalah untuk menyewakannya ke klub yang sudah ada, tetapi setelah kesepakatan dengan Fulham FC berakhir, dia mendapat ide untuk membuat sebuah klub baru. Maka berdirilah Klub Chelsea FC.

Chelsea Menjadi Tim Besar di London

Chelsea berkembangbang pesat setelah beberapa tahun dari pembentukannya. Ini terbukti dengan makin bertambahnya  pendukung mereka dan memantapkan dirinya sebagai klub terbesar di ibukota. Pada akhir tahun 1910-an, Chelsea menjadi Klub yang pertama di Inggris yang mencapai  rata-rata kehadiran lebih dari 40.000.

Artikel Lainnya :

TRANSFER LIGA INGGRIS JANUARI 2022

SEJARAH SEPAK BOLA

LIGA INGGRIS ARSENAL FC SEJARAH SINGKAT

Jumlah kehadiran yang besar tersebut membuat “The Pensioners”, nama panggilan untuk tim, menjadi salah satu klub terkaya di negara ini dan memungkinkan untuk mendatangkan beberapa pemain berkelas dunia. Chelsea juga menjadi rumah bagi pemain non-Inggris pertama di Football League. Dia adalah Nils Middelboe, orang Denmark  yang datang ke klub pada tahun 1913.

Namun, dalam lima dekade pertama keberadaan klub tidak terlalu membuahkan hasil dalam hal prestasi. Tim hanya menjadi Tim yang bolak-balik  antara Divisi 1 dan Divisi 2. Namun, baru dalam dekade kedua keberadaan mereka, mereka berhasil mencapai final Piala FA untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka.

Gelar Liga Inggris Pertama

Gelar Liga pertama mereka hadir pada tahun 1955, ini merupakan sebuah kejutan bagi semua orang. Terutama mengingat bahwa klub hanya finis di papan bawah Liga dalam beberapa musim sebelumnya. Namun, kesuksesan yang tak terduga tersebut tidak bertahan lama. Pada musim-musim selanjutnya Chelsea kembali menjadi klub yang biasa-biasa saja dan minim prestasi.

Pada Pertengahan tahun 60-an, Chelsea berada di puncak popularitas mereka, dengan banyak selebriti terkenal menjadi tamu tetap atau penonton setia di Stamford Bridge. Untuk pertama kalinya dalam sejarah mereka, Chelsea mulai diperhitungkan di sepakbola Liga Ingris. Setelah mengamankan Piala Liga pertama mereka pada tahun 1965, kemudian Piala FA pada tahun 1970 dan Piala Winners pada tahun 1971.

Kepemilikan Baru Chelsea

Ternyata, itu adalah piala terakhir mereka untuk sementara waktu, kesulitan keuangan  dan meningkatnya hooliganisme di antara para penggemar klub, Chelsea sedang berada dalam posisi genting pada saat itu.

Selama beberapa dekade berikutnya, Prestasi Klub Chelsea tidak terlalu menjadi prioritas, karena pejabat klub justru berusaha mati-matian untuk menghindari kebangkrutan. Kepemilikan keluarga Mears terputus ketika mereka menjual  klub dengan harga simbolis £1 kepada pemilik baru Ken Bates pada tahun 1982.

Kembali ke Jalur Juara Liga Inggris

Klub tidak kembali menjadi sorotan sampai tahun 1996 dan penunjukan Ruud Gullit sebagai pemain-manajer. Dengan pelatih terkenal Belanda di pucuk pimpinan dan kekuatan serangan yang dipimpin oleh pemain internasional Italia Gianluca Vialli dan Gianfranco Zola, Chelsea sekali lagi menjadi salah satu klub paling unik di sepak bola Inggris. Mereka menikmati beberapa keberhasilan dengan meraih Piala dengan dua kemenangan Piala FA pada tahun 1997 dan 2000 dan kemenangan Piala Liga pada tahun 1998. Kemudian, mereka juga mengklaim Piala Winners kedua mereka pada tahun 1998 dengan mengalahkan Stuttgart 1-0 di final.

Pada Periode ini pemain asing mendominasi skuad Chelsea. Sebuah pertandingan pada Boxing Day 1999 menandai era baru dalam sepak bola liga Inggris, ketika tim Chelsea melawan Southampton yang terdiri dari pemain asing semua. Tidak ada pemain Inggris yang memulai pertandingan. Para pemain tersebut adalah, Ed De Goey (Belanda), Albert Ferrer (Spanyol), Frank Lebouef (Prancis), Emerson Thome (Brasil), Dan Petrescu (Rumania), Celestine Babayaro (Nigeria), Gus Poyet (Uruguay), Didier Deschamps ( Prancis), Roberto Di Matteo (Italia), Gabriele Ambrosetti (Italia), dan Tore Andre Flo (Norwegia).

Gebrakan Miliarder Rusia untuk Chelsea

Pada tahun 2003, Roman Abramovich membeli Klub ini. Pemilik baru tersebut segera membawa Chelsea ke era stabilitas keuangan, melunasi sebagian besar utang klub dan menghabiskan jumlah uang yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk membeli pemain bintang. Abramovich mendatangan sang pelatih kontroversial yaitu Jose Mourinho. Berkat tangan dingin Mourinho, Chelsea memenangkan gelar Liga Premier Inggris berturut-turut pada tahun 2005 dan 2006, serta dua Piala Liga pada tahun 2005 dan 2007 dan Piala FA pada tahun 2007.

Namun, pada tahun 2007 Mourinho meninggalkan klub karena sejumlah perselisihan dengan sang pemilik, Roman Abramovich. Akan tetapi, Chelsea terus menjadi kekuatan dominan di sepak bola Inggris, memenangkan satu gelar liga lagi, dua Piala FA, Liga Champions dan Liga Europa dalam enam tahun ke depan.

Tak lama setelah kembalinya Mourinho pada 2013, klub memenangkan Piala Liga lainnya dan gelar liga kelima mereka. Setelah tampil buruk, Chelsea memecat Jose Mourinho pada tahun 2015. Setelah itu, Chelsea terus berganti pelatih karena hasilnya kurang memuaskan. Hingga pada tahun 2021, Thomas Tuchel menjadi pelatih sampai sekarang, dia berhasil mempersembahkan Piala Champhions dan Piala Dunia antar Klub.

Fakta dasar

Berdiri: 1905

Negara: Inggris

Kota: London

Stadion : Stamford Bridge (1905-)

Prestasi

Divisi Pertama/Liga Primer Inggris: 6

Piala FA : 8

Piala Liga : 5

Liga Champions: 2

Piala UEFA/Piala Winners: 2

Liga Eropa/UEFA: 2

Rekor klub

Pertandingan Terbanyak Dimainkan: Ron Harris (795)

Pencetak Gol Terbanyak: Frank Lampard (211)

Baca juga :

BURSA TRANSFER

LIGA CHAMPIONSHIP INGGRIS

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: