Liga Inggris Barnsley FC : Sejarah Singkat

Barnsley FC adalah sebuah Klub sepak bola Liga Inggris dari kota kecil yaitu, kota Yorkshire Utara. Walaupun Barnsley termasuk klub pendiri Fottball League, tetapi mereka minim prestasi. Mereka hanya mampu meraih trofi Piala FA hanya satu kali, itupun terjadi sebelum perang dunia kesatu pecah. Satu-satunya rekor mereka di Liga Inggris adalah mereka telah bermain lebih dari 70 musim di divisi kedua liga inggris atau liga kedua di bawah Liga Utama.

Sejarah Barnsley FC

Barnsley Football Club adalah klub sepak bola Inggris yang berbasis di kota Barnsley , Yorkshire Selatan . Klub ini berdiri pada tahun 1887 oleh pendeta Tiverton Preedy yang juga memberi nama klub tersebut, Barnsley St. Peter’s. Nama itu sepuluh tahun kemudian diubah menjadi hanya Barnsley saja.

Barnsley FC adalah salah satu klub sepak bola tertua dan menjadi salah satu peserta pendiri Football League pada tahun 1898. Mereka masuk dalam sistem liga ketika Divisi Kedua ketika diperluas dari 16 Tim menjadi 18 tim untuk musim 1898-99.

Klub South Yorkshire ini pernah  mencapai final Piala FA pertama mereka pada tahun 1910. Saat itu mereka bermain imbang 1-1 melawan Newcastle United di final. Pada leg pertama di kandang  Crystal Palace, akan tetapi mereka harus mengalami kekalahan dengan skor  1-0 dalam pertandingan ulang di Stadion Goodison Park milik Everton. Kemudian, Dua tahun kemudian, mereka baru berhasil memenangkan turnamen yang sama melawan West Bromwich, setelah pertandingan ulang (0-0, 1-0). Kemenangan itu sangat istimewa bagi mereka, karena Barnsley adalah klub  dari kota kecil pertama yang memenangkan kompetisi ini.

Pada tahun-tahun yang tersisa sebelum sepak bola Liga Inggris dihentikan karena Perang Dunia Pertama, Barnsley FC memantapkan diri mereka sebagai salah satu tim yang  kuat di Divisi Kedua Liga Inggris. Mereka berhasil menempati posisi ketiga pada tahun 1914–15. Divisi Pertama pada saat itu menambah pesertanya dua tim setelah perang pertama berakhir.

Barsnley FC di Liga Premier Inggris

Pada Musim 1996-97 merupakan pencapaian terbaik Barnsley Di Liga Inggris. Mereka berhasil lolos ke Liga Premier Inggris untuk pertama kalinya dalam sejarah. Sang pelatih Danny Wilson telah berhasil membawa Barnsley memperoleh keberhasilan untuk promosi ke Liga Premier Inggris. Mereka berhasil meraih posisi runner-up dan promosi secara otomatis ke Liga Premier Inggris. Setelah mereka
harus menghabiskan 99 tahun untuk bisa lolos ke disi teratas Liga Inggris. Namun, Barsnley tidak sanggup berbuat banyak di Liga Premier. Mereka harus langsung terdegradasi kembali ke Divisi Championship musim selanjutnya.

Walaupun mereka terdegradasi tetapi mereka berhasil  mencapai perempat final Piala FA, setelah mengalahkan Manchester United di babak kelima. Mereka juga membuat rekor Transfer Klub
musim itu dengan mendatangkan Gjorgji Hristov seharga £2 juta. Wilson kemudian memilih untuk pergi dan menjadi pelatih di Sheffield Wednesday. Selain itu juga, Barnsley adalah satu-satunya tim bukan dari Liga Premier yang berhasil mencapai perempat final Piala FA, yaitu pada musim 1998-99.

Mereka nyaris kembali promosi  pada tahun 2000 melalui babak  play-off, tapi sayangnya mereka harus mengalami kekalahan 4-2 di final melawan Ipswich Town. Kiper Ipswich Town menjadi bintang pada pertandingan tersebut. Setelah menyelamatkan penalti dan melakukan penyelamatan yang menggagalkan Barnsley mencetak gol untuk menyamakan kedudukan.

Hingga akhir musim 2020–21, Barnsley telah menghabiskan 10 musim di kasta keempat sistem liga sepak bola Inggris , 24 musim di kasta ketiga, 77 musim di kasta kedua, dan hanya 1 musim di kasta tertinggi.

Info dasar

Berdiri : 1887

Negara : Inggris

Kota : Barnsley

Stadion

Oakwell (1888-Sampai Sekarang)

Prestasi

Piala FA : 1

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

PIALA LIGA INGGRIS

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: