Liga Inggris Aston Villa FC : Sejarah Singkat

Liga Inggris Aston Villa FC : Sejarah Singkat. Jika kita berbicara tentang sejarah klub sepak bola, tidak banyak klub di dunia Khususnya Liga Inggris yang bisa bersaing dengan Aston Villa. Selain menjadi salah satu klub sepak bola tertua di Inggris, Villa juga adalah pencetus Football League. Divisi teratas di negara ini sebelum Liga Premier Inggris dibentuk pada tahun 1992. Dalam sejarah awalnya, Villa adalah termasuk salah satu tim yang paling konsisten di sepak bola Inggris. Memenangkan beberapa gelar Divisi Pertama, Piala FA dan Piala Liga. Mereka juga salah satu dari hanya lima klub Inggris yang memenangkan gelar Piala Eropa/Liga Champions.

Sejarah Aston Villa FC

Aston Villa berbasis di kota Birmingham dan berdiri pada tahun 1874, oleh empat pemain kriket. Mereka adalah anggota gereja. Klub memasukkan permainan rugby dan sepak bola, sebagai bagian dari kegiatan mereka selama liburan musim dingin. Oleh karena itu klub ini didirikan kira-kira satu tahun sebelum rival kota Birmingham City (bernama Small Heath Alliance hingga 1905).

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

LIGA INGGRIS ARSENAL FC SEJARAH SINGKAT

Pada tahun 1885, presiden klub, William McGregor, menyadari bahwa untuk membuat para penggemar tetap tertarik dengan sepak bola mendirikan English Football Laeague Pada tahun 1888, bersama dengan sebelas klub Inggris terkemuka lainnya pada masa itu. George Ramsay memimpin Villa dengan cepat membuktikan menjadi tim paling dominan di era Victoria, meraih lima gelar Divisi Pertama dan tiga Piala FA sebelum pergantian abad.

Dengan meningkatnya popularitas sepak bola di negara ini. Bagaimanapun juga, banyak klub lain mulai bermunculan sebagai pesaing untuk merebut tahta juara. Namun, Villa tetap konsisten menjadi yang terkuat. Setelah memenangkan Piala FA lainnya pada tahun 1905, kemudian dengan gelar Divisi Pertama keenam mereka pada tahun 1910. Setelah dua kemenangan Piala FA pada tahun 1913, era keemasan klub berakhir, ketika  pecahnya Perang Dunia Pertama.

Aston Villa Pasca Perang Dunia Ke I di Liga Inggris

Pasca perang dunia kesatu selesai, Aston Villa membangun kembali kekuatannya di Liga Inggris. Ini terbukti  dengan berhasil meraih Piala FA pada tahun 1920. Kemudian setelah itu masa kejayaan Aston Villa mulai pudar. Setelah periode penurunan yang panjang, klub terjerembab ke Divisi II pada tahun 1936, ini merupakan yang pertama kalinya dalam sejarah mereka. Mereka tidak pernah memenangkan trofi lain sampai tahun 1957. Sampai pada kemenangan terkenal atas Busby Babes di final Piala FA. Pada tahun 1961, Villa menambah koleksi trofi mereka dengan memenangkan Piala Liga untuk pertama kalinya.

Setelah itu, Aston Villa kembali mengalami kemunduran. Villa  bahkan terdegradasi ke Divisi Ketiga pada tahun 1970. Sampai pada tahun 1975, Villa menunjuk Ron Saunders sebagai pelatih. Akhirnya Mereka berhasil kembali ke Divisi Pertama. Tahun tersebut merupakan tahun yang sama ketika mereka memenangkan Piala Liga lainnya. Dengan kemampuan Saunders untuk menemukan pemain yang bagus dan pendekatannya yang terkenal dengan istilah  “tanpa basa-basi” dalam melatih, rentetan hasil bagus Villa berlanjut hingga tahun 80-an.

Gelar Liga Inggris Aston Villa FC

Setelah kemenangan Piala Liga pada tahun 1977 dan gelar Divisi Pertama yang tidak terduga pada tahun 1981. Villa memenangkan Piala Eropa pertama dan satu-satunya pada tahun 1982 dengan secara mengejutkan mengalahkan Tim unggulan  Bayern Munich di Final. Salah satu pahlawannya adalah kiper cadangan Nigel Spink yang menggantikan Jimmy Rimmer di awal pertandingan dan melakukan beberapa penyelamatan yang menakjubkan. Namun kemenangan terakhir mereka raih tanpa Ron Saunders sebagai pelatih. Karena, beberapa bulan sebelumnya, Saunders berselisih dengan pemilik Klub Ron Bendall akibat dari tim yang terus menurus mengalami tren negatif di liga, sehingga  Ron Saunders memutuskan untuk mengundurkan diri.

Pada Era Premier League Aston Villa belum mampu mempersembahkan gelar juara Liga. Posisi terbaik mereka adalah hanya  menempati posisi kedua pada 1993. Mereka baru  berhasil memenangkan dua Piala Liga lagi pada 1994 dan 1996. Bahkan, pada tahun 2016 Villa berada pada posisi Buncit Klasemen Liga Premier Inggris dan terdegradasi pada masa itu.

Info  Dasar

Berdiri : Tahun 1874

Negara: Inggris

Kota: Birmingham

Stadion :

Wilson Road (1875–1876)

Wellington Road (1876–1897)

Villa Park (1897– sampai sekarang)

Prestasi

Divisi Pertama: 7

Piala FA : 7

Piala Liga : 5

UEFA/Piala Eropa: 1

Rekor Pemain

Pertandingan terbanyak : Charlie Aitken (660 pertandingan)

Pencetak gol terbanyak: Billy Walker (244 gol)

Baca juga :

BURSA TRANSFER

LIGA INGGRIS CHELSEA FC : SEJARAH SINGKAT

LIGA CHAMPIONSHIP INGGRIS

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: