Liga Championship Inggris

Liga Championship Inggris atau juga Football League Championship adalah liga sepak bola tingkat kedua dalam sistem liga sepak bola di Inggris, di bawah Liga Premier dan merupakan divisi tertinggi dalam divisi The Football League. Liga ini awalnya bernama Football League First Division, kemudian namanya berubah menjadi Football League Championship pada musim 2004-2005.

Biasanya liga championship Inggris selalu ada tambahan nama seperti sekarang ini bernama Sky Bet Championship. Karena mendapat dukungan sponsor dari  SKY TV. Setelah sebelumnya mendapat dukungan dari sponsor npower, maka nama resminya menjadi Npower Championship.

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

PIALA LIGA INGGRIS

Liga ini terdiri dari 24 Klub. Di akhir musim kompetisi, tiga tim teratas akan mendapatkan  mendapatkan jatah Promosi  ke Liga Premier Inggris dan tiga tim terbawah harus degradasi ke Football League One. Klub di posisi satu dan dua Dua secara otomatis langsung promosi, sedangkan tim ketiga harus melalui pertandingan lanjutan babak Play-off antara peringkat ketiga sampai  keenam. Untuk peringkat ketiga bermain melawan peringkat keenam sementara peringkat keempat akan melawan peringkat kelima. Pemenang dari dua pertandingan tersebut akan bertemu di final yang bertempat di Stadion Wembley. Pemenang dari pertandingan tersebutlah yang akan menjadi klub ketiga yang akan promosi ke Liga Premier.

Football League mempunyai  3 divisi yaitu Football League Championship kedua  Football League One dan yang ketiga Football League Two. Masing-masing Liga beranggota 24 klub.

Walaupun liga ini termasuk liga kasta kedua di Inggris, tetapi liga ini tetap menjadi liga favorit para penontonnya. Ini tercatat Pada musim 2004-2005. Otoritas Football League Championship merilis total kehadiran penonton pertandingan, yaitu sebanyak  9.8 juta penonton. Ini merupakan kehadiran keempat tertinggi dari berbagai divisi liga sepak bola di negara – negara Eropa.  Di bawah Liga Primer Inggris (12.88 juta penonton), LA Liga Spanyol (11.57 juta penonton) dan Bundesliga Jerman (10.92 juta penonton). Bahkan Jumlah tersebut mengalahkan Seri A Italia (9.77 juta penonton) dan Ligue One Prancis (8.17 juta Penonton).

Faktor utama yang menjadi keberhasilan kompetisi ini adalah berasal dari pendapatan dari hak siar televisi. Karena, Klub anggota liga ini merupakan klub-klub yang mempunyai sejarah besar di Inggris seperti Fulham, Midlesbrough. Yang menjadikan suporter mereka melekat terus turun temurun secara tradisi.  

Baca juga :

BURSA TRANSFER

PIALA FA

WHITE HART LANE

STADION TOTTENHAM HOTSPURS

KLASEMEN LIGA INGGRIS PEKAN KE-21

BURSA TRANSFER 2021

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: