Klub Liga Inggris di Kompetisi Eropa

Klub Liga Inggris di Kompetisi Eropa musim 2022-23. Jumlah tim Liga Premier Inggris yang lolos ke masing-masing kompetisi Eropa 2022-23 telah berubah untuk sementara waktu, berdasarkan hasil turnamen kontinental yang mereka ikuti musim ini. Ada sejumlah skenario yang terjadi tergantung pada apakah West Ham berpotensi memenangkan Liga Europa atau Leicester City lolos dengan trofi Liga Konferensi Eropa perdana. Karena keduanya gagal di babak semifinal. Tetapi dengan West Ham United dan Leicester City yang sama-sama tersingkir dari kompetisi Eropa masing-masing yang mereka ikuti. Gambaran untuk tim Liga Premier yang akan lolos akan menjadi semakin jelas.
Tetapi, Liga Premier Inggris masih memiliki satu peluang pada satu lagi trofi Eropa pada 2021-22 ini. Liverpool akan menghadapi raksasa Spanyol Real Madrid untuk perebutan gelar Liga Champions UEFA pada 28 Mei 2022 mendatang.
Berikut ini uraian Skenario peluang Klub Liga Inggris untuk setiap kompetisi piala Eropa 2022-23 yang akan terjadi. Satu tempat yang diberikan kepada pemenang Piala FA dan Piala EFL (Piala Carabao) juga sudah pasti kosong. Karena Liverpool telah memenangkan keduanya musim ini. Pada klasemen Liga Inggris juga Liverpool finis pada Zona Liga Champions. Maka secara otomatis Liverpool tidak akan mengisi ketiga tempat eropa tersebut dan skenario tersebut akan kami jelaskan di bawah ini.

Tempat Eropa di Liga Premier Inggris musim 2022-23

Dalam beberapa tahun terakhir, seperti biasanya total ada tujuh klub Liga Inggris yang akan berlaga di kompetisi Piala Eropa musim depan 2022-23. Liga Premier Inggris memiliki empat tempat di Liga Champions, dua tempat Liga Europa dan satu tempat lagi di Liga Konferensi Eropa.
Tempat Liga Champions dibagikan kepada empat tim teratas Liga Inggris, tempat Liga Europa diberikan kepada tim urutan kelima liga dan pemenang Piala FA, dan tempat Liga Konferensi Eropa diberikan kepada pemenang Piala EFL.

Tahun ini, tim Liga Inggris yang mengamankan tempat di turnamen Liga Champions 2022-23 adalah Manchester City , Liverpool, Chelsea dan Tottenham. Sedangkan Arsenal yang absen dari kompetisi musim kemarin 2021-22 akan bermain di Liga Europa musim depan. Karena mereka finis di tempat kelima.
Namun, ada beberapa perubahan dengan tempat-tempat Eropa lainnya. Karena pemenang Piala FA Liverpool sudah memiliki tempat yang pasti di Liga Champions berdasarkan posisi klasemen mereka. Slot Liga Europa untuk pemenang Piala FA akan diberikan kepada tim peringkat ke-6 di Klasemen Liga Inggris. Tim tersebut adalah Manchester United.
Seperti halnya Piala FA, karena Liverpool memenangkan Piala EFL atau Carabao Cup juga dan mereka sudah pasti lolos ke Liga Champions sebagai finis empat besar di Liga Premier. Maka tempat Liga Konferensi Eropa yang diberikan kepada pemenang Piala EFL juga diberikan ke tim berikutnya di Liga Europa. Yaitu Tim yang menempati urutan ke 7 Klasemen Liga Inggris 2021-22. Tim itu adalah West Ham United.
Berikut ini rangkuman pembagian tempat Eropa 2022-23 di Liga Inggris:

Tabel klasemen Akhir Liga Inggris 2021-22.

NoNama TimPKet.
1.Manchester City93Liga Champions
2.Liverpool92Liga Champions
3.Chelsea74Liga Champions
4.Tottenham Hotspurs 71Liga Champions
5.Arsenal69Liga Eropa
6.Manchester United58Liga Eropa
7.West Ham United56Liga Konferensi Eropa
Klasemen Liga Inggris Musim 2021-22

Apa yang terjadi jika Liverpool memenangkan Liga Champions?

Karena Liverpool di final Liga Champions melawan Real Madrid pada 28 Mei, tetapi juga telah memastikan kualifikasi Liga Champions melalui penyelesaian Liga Premier mereka. Ada pertanyaan apakah The Reds jika memenangkan kompetisi akan ada tambahan slot klub Inggris untuk Liga Champions 2022-23?.
Jika Liverpool memenangkan Liga Champions dan juga lolos ke Liga Champions 2022-23 dengan menyelesaikan empat besar. Maka tidak ada tambahan tempat kualifikasi Liga Premier yang untuk tim lain dalam tabel.

Sebaliknya, tempat “ekstra” Liverpool akan jatuh ke negara UEFA dengan peringkat tertinggi (berdasarkan nilai koefisien UEFA) tanpa jaminan tempat penyisihan grup. Negara itu adalah Ukraina, sehingga memberikan juara liga Ukraina tahun ini yang berhak mendapatkan tambahnan tempat tersebut. Untuk musim ini Liga Ukraina telah pasti milik Shakhtar Donetsk setelah penangguhan liga domestik pada Februari karena perang. Shaktar Donetsk akan mendapatkan Tiket langsung ke babak penyisihan grup Liga Champions musim 2022-23.
Tiket langsung Shakhtar Donetsk itu sebenarnya sudah tergambarkan sebelumnya bahkan sebelum final Liga Champions 2022 terjadi. Itu karena Real Madrid, lawan Liverpool dalam pertandingan perebutan gelar 28 Mei, juga telah merebut tempat Liga Champions dengan finis di puncak La Liga Spanyol. Jadi Shakhtar akan mendapatkan tempat yang menjadi milik Liverpool atau Real Madrid.
Apa peraturan UEFA untuk kualifikasi Eropa?
UEFA telah menguraikan dengan sangat rinci apa yang terjadi di setiap kemungkinan skenario di mana sebuah tim memenangkan kompetisi piala Eropa dan kemudian juga lolos (atau tidak lolos) ke kompetisi Eropa melalui kompetisi domestiknya.
Peraturan – peraturan tersebut bukan hitung – hitungan tanpa dasar tetapi telah ada dalam Peraturan Liga Champions UEFA.

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: