Chelsea vs Liverpool FA Cup

Pertandingan Final FA Cup musim 2021-22 antara Chelsea Vs Liverpool telah usai. Untuk kedua kalinya dalam tiga bulan terakhir. Liverpool berhasil  mengalahkan Chelsea dalam adu penalti di Stadion Wembley musim ini. The Reds sekali lagi keluar sebagai pemenang melalui adu penalti untuk menyelesaikan target bagian kedua Trofi mereka dari Misi quadruple yang berpotensi Liverpool raih Musim 2021-22 ini. Walaupun sepertinya terlalu berat, tetapi secara matematis mereka masih bisa meraihnya.  Liverpool pun mengangkat trofi Piala FA untuk kesembilan kalinya dalam sejarah klub.

Dalam peringatan yang ke 150 tahun piala domestik ini. Sama seperti di bulan Februari, sangat menegangkan meski berakhir tanpa gol, tetapi banyak peluang terjadi dari keduanya. Chelsea vs Liverpool ini Faktanya merupakan pertemuan yang keempat pada musim 2021-22 ini. Dan semuanya  berakhir dengan imbang. Meskipun Chelsea yang merasakan sakit di final Piala Liga Inggris karena kalah adu penalti.

Pertandingan ini juga mempertemukan pelatih asal jerman yang menjadi salah satu persaingan sepak bola modern yang hebat yang sarat dengan ideologi yang berbeda jauh dari kedua klub.

Untuk Chelsea, ini merupakan kekalahan di final yang kedua kalinya musim ini dari Liverpool. Setelah sebelumnya memperebutkan Trofi Carabao Cup. Tim asuhan Thomas Tuchel ini harus dua kali gigit jari untuk kedua kalinya. Setelah sama – sama kalah lewat adu Penalti.

Jalannya Pertandingan Chelsea vs Liverpool

Liverpool membuat awal yang baik dan mengancam lebih awal melalui Luis Diaz, kemudian Edouard Mendy mampu menggagalkannya pada kesempatan peluang pertama pertandingan. Tetapi Chelsea juga tak mau kalah, mereka juga mendapat peluang lewat Marcos Alonso. Alisson juga melakukan penyelamatan yang baik untuk menghentikan upaya Christian Pulisic, sebelum tendangan bebas Alonso membentur mistar gawang. Liverpool harus kehilangan satu pemain andalan mereka di babak pertama, yaitu Mohamed Salah yang mengalami Cidera. Dengan cederanya pada Mohamed Salah ini menjadi insiden yang paling menonjol di babak pertama. Penyerang Liverpool itu ditarik keluar pada menit ke-32. Diogo Jota pun masuk menggantikannya.

Babak Pertama

Pertandingan berakhir tanpa gol saat turun minum. Chelsea mungkin menjadi tim yang lebih beruntung dari kedua belah pihak. Setelah pasukan Klopp gagal memanfaatkan bebrapa tekanan dan peluang babak pertama mereka. Tetapi bagi Liverpool  kekhawatiran yang lebih besar tertuju pada Mo Salah, setelah Raja Mesir tersebut harus keluar lapangan karena cedera di pertengahan babak pertama. Liverpool khawatir Mo Salah cedera menjelang Final Liga Champions yang akan bertanding 2 minggu lagi melawan Real Madrid.

Babak Kedua

Babak kedua tidak terlalu banyak perubahan kedua tim bergantian saling menyerang.  Peluang dari Chelsea lewat Pulisic dan Mason Mount. Seperti di final Piala Carabao, Pulisic memperoleh banyak peluang mencetak gol yang bagus tetapi gagal dalam mengkonversikannya menjadi Gol. Kali ini, pemain Amerika itu mendapat umpan dari James dari kanan, dan melepaskan tendangan rendahnya melebar dari tiang kanan. Demikian pula Liverpool, Luiz Diaz melepaskan tembakannya di ujung yang lain, upaya melengkung 20 yardnya membentur tiang gawang.

Satu hal lagi yang paling spesial bagi Jürgen Klopp adalah menjadi manajer kedua yang memenangkan Piala Eropa/Liga Champions, Piala FA, Piala Liga dan Juara Liga Utama Inggris semuanya dengan klub Inggris yang sama. Setelah sebelumna hanya Sir Alex Ferguson saja yang bisa  melakukannya bersama Manchester United.

Setelah perpanjang waktu berakhir pertandingan dilanjutkan dengan Adu Penalti.

Adu Penalti Chelsea vs Liverpool

Penalti kesatu :  Markos Alonso  Gol >< James Milner Gol  = Chelsea 1 – Liverpool  1.

Penalti kedua  :  Cesar Azpilicueta Gagal ><  Thiago Silva Gol =  Chelsea 1 – Liverpool  2.

Penalti ketiga  :  Reece James Gol  ><  Firmino Gol =  Chelsea 2 – Liverpool  3.

Penalti keempat  : Barkley Gol  ><  Alexander-Arnold Gol =  Chelsea 3 – Liverpool  4.

Penalti kelima  :  Jorginho Gol ><  Sadio Mane  Gagal =  Chelsea 4 – Liverpool  4.

Penalti keenam  :  Hakim Ziyech Gol ><  Diogo Jota Gol =  Chelsea 5 – Liverpool  5.

Penalti ketujuh  :  Mason Mount Gagal ><  Kostas Timikas Gol =  .

Liverpool Keluar Sebagai pemenang dan menjadi Juara Piala FA Musim 2021-22.

5 Pertemuan Terakhir Chelsea vs Liverpool di Piala FA

  • 1. Piala FA musim 2019/20 Putaran Keempat : Chelsea 2 – Liverpool 0
  • 2. Piala FA musim 2011/12 Babak Final : Chelsea 2 – Liverpool 1
  • 3. Piala FA musim 2005/06  Babak  Semi Final : Chelsea 1 – Liverpool 2
  • 4. Piala FA musim 1996/97 Putaran Keempat : Chelsea 4 – Liverpool 2
  • 5. Piala FA musim 1985/86 Putaran Keempat : Chelsea 1 – Liverpool 2

Pemain dengan Rating terbaik

Chelsea

Edouard Mendy – 9

Performa Luar Biasa dari seorang kiper ini setelah melakukan penyelamatan dari Diaz dan Sadio Mane saat adu Penalti.

Reece James – 9

Solidnya pertahanan membuat Chelsea bertahan setelah serangan menit – menit awal dari Liverpool. Dia membantu Trevor Chalobah menjaga pertahanan saat menghadapi ancaman dari Luiz Diaz sangat berdampak besar.

Liverpool

Alisson – 9

Penyelamatan yang Luar biasa dalam Adu Penalti Setelah menggagalkan 2 penendang dari Chelsea, yaitu Mason Mount dan Cesar Aplicueta. Kemudian menepis serangan dari Markos Alonso dan Christian Pulisic dalam 120 menit pertandingan. 

Luis Diaz – 9

Mampu memberikan banyak tekanan ke gawang Chelsea yang di kawal oleh Eduard Mendy dalam waktu normal.

Tanggapan Pembaca

Ikuti Artikel Terbaru dari Sudutbola.com

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: