Bursa Transfer dan Cara Kerjanya

Bursa Transfer dan Pengertiannya. Bursa Transfer adalah sistem perpindahan/perekrutan pemain profesional sepak bola yang masih terikat kontrak dari sebuah tim ke tim lain. Dalam prosesnya terdapat uang kompensasi sebagai ganti nilai kontrak yang ditinggalkan pemain pada tim lama dengan jumlah yang disepakati antara tim lama, manajemen pemain dan tim baru. Meskipun demikian, transfer dapat terjadi secara gratis / tanpa uang kompensasi (bebas transfer) apabila masa kontrak seorang pemain telah habis sementara klub tidak berniat melanjutkan kesepakatan dengan pemain sehingga pemain sepak bola tersebut statusnya menjadi tanpa/ tidak bermain untuk klub manapun. Pertukaran pemain juga dapat terjadi sebagai alternatif antara dua klub apabila penawaran nilai transfer belum memenuhi kesepakatan.

Peminjaman pemain (loan) juga adalah sistem transfer yang menjadi alternatif pemain sepak bola untuk bermain di klub lain di luar klub yang mengikat kontrak padanya. Berdasarkan dengan persyaratan yang di sepakati antara klub asal dengan klub tujuan. Peminjaman pemain biasanya terjadi  terhadap pemain yang jarang mendapat kesempatan bermain di tim utama atau terhadap pemain muda yang akan di promosikan ke sebuah tim senior.

Apa Itu Bursa Transfer?

Bursa Transfer ialah jangka waktu yang di resmikan oleh asosiasi liga negaranya masing-masing, di mana para pemain dapat berpindah klub. Pada kompetisi sepakbola top Eropa, bursa transfer umumnya terjadi 2 kali dalam satu masa kompetisi, ialah pada awal musim sebelum kompetisi mulai, serta di pertengahan kompetisi.

Bursa transfer di liga top Eropa umumnya mulai pada awal Juni sampai akhir Agustus, kemudian berlanjut pada Januari tahun berikutnya. Ini terjadi sebab liga top Eropa memulai kompetisi liga pada Agustus serta berakhir pada Juni tahun setelahnya. Sedangkan, kalau untuk liga di Asia ataupun Amerika umumnya mulai pada awal tahun serta berakhir pada akhir tahun. Intinya, pembukaan bursa transfer bergantung pada kapan mulainya awal kompetisi liga tersebut.

Kapan bursa transfer di tutup? Di liga top Eropa umumnya di tutup pada 31 Agustus tengah malam. Namun, apabila bertepatan jatuh pada hari libur, maka akan tutup pada 1 September tengah malam. Tetapi, di Inggris, bursa transfer ditutup satu hari saat sebelum liga diawali. Waktunya juga bukan tengah malam, melainkan jam 5 sore.

Bagaimana Transfer Bekerja

Klub, biasanya memberikan kontrak berjangka yang menjadikan pesepakbola selaku karyawan terikat dengan Perjanjian Kerja dengan Waktu Tertentu alias karyawan kontrak. Pesepakbola wajib mematuhi seluruh perihal yang terdapat di dalam kontrak, tercantum durasi kerja dengan opsi perpanjangan jika kerjanya bagus.

Pesepakbola harus mematuhi segala hal yang ada di dalam kontrak, termasuk durasi kerja.Untuk durasi kontrak tiap pemain aturannya tidak baku. Itu tergantung dari pihak yang telah melakukan kesepakatan. Ada yang mendapatkan waktu hanya satu tahun dengan opsi perpanjangan kalau kerjanya sesuai ekspektasi, ada pula yang mendapat kontrak jangka panjang langsung selama lima tahun.

Di saat durasi kontrak masih berlaku inilah, seringkali ada perusahaan lain yang tertarik ingin merekrut si karyawan. Di dalam kontrak, biasanya terdapat pilihan, bahwa apabila karyawan ingin keluar, maka ia harus membayar sisa nilai kontraknya dan lain sebagainya. kesepakatannya bervariasi, ada perusahaan yang menetapkan sisa gaji, adapula yang menggandakan nilainya.

Klub baru yang akan merekrutnya biasanya  membeli sisa kontrak mereka dan menebusnya. Karena si pemain tak punya cukup uang untuk menebusnya. Dan inilah sistem transfer yang biasa terjadi di dunia sepakbola.

Proses Bursa Transfer

Untuk memahami bursa transfer sejatinya tidak terlalu sulit. Kita harus melihat sudut pandang pesepakbola sebagai Karyawan dan klub sebagai perusahaannya. Karyawan biasanya mendapat kontrak berjangka dengan berbagai kesepakatan di dalamnya.

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

PIALA LIGA INGGRIS

Klub yang berminat membeli pemain akan melobi pemain melalui agen dan juga melobi Klub pemiliknya. Untuk mendapatkan kesepakatan harga atau bahkan mengalami penolakan dari Klub Pemilik pemain tersebut.

Apabila kedua klub telah memperoleh kesepakatan,  tinggal giliran klub baru dengan si pemain  membicarakan kontrak. Pembicaraan ini biasanya bersama dengan agen pemain. Hal – hal yang harus mendapat kesepakatan biasanya soal durasi kontrak, pendapatan, serta klausul di dalam kontrak, berbagai klausul pelepasan, presentase peningkatan pendapatan pertahun, hingga bonus apabila pemain tersebut apabila berhasil mencapai target.

Jika kontrak telah sepakat, pemain  melaksanakan tes medis. Untuk memastikan kesehatan pemain tersebut. Sesudah lolos tes medis pemain akan diperkenalkan di media dan di hadapan suporter mereka secara resmi. Selain teknis tersebut di atas ada juga perijinan kerja yang harus di lengkapi persyaratannya itu tergantung kebijakan di tiap – tiap negara.

Bursa Transfer Liga Inggris

Bursa Transfer Liga Inggris selalu menjadi berita bola transfer pemain yang di tunggu oleh para penggemarnya karena banyak para pemain bintang yang ingin bermain di Liga Premier Inggris. Sehingga banyak Klub Sepakbola Liga Inggris yang sebagian besar mempunyai keuangan yang stabil, selalu berburu pemain ketika Jendela transfer telah dibuka. Seperti bursa transfer 2021, saat itu Klub-Klub Besar Liga Inggris aktif mendatangkan Pemain bintang.

Bursa transfer pemain ini menjadi magnet tersendiri di liga premier Inggris karena mereka bersaing untuk mendapatkan tanda tangan para pemain incaran mereka. Contohnya proses transfer Pemain Arsenal yang mendatangkan 7 Pemain sekaligus ada sejumlah nama-nama besar dalam daftarnya seperti Martin Oodegard, Ben White dan Nuno tavares.

Mereka menghabiskan dana yang tidak sedikit. Kemudian bursa transfer Liverpool, walaupun hanya mendatangkan satu pemain tetapi harganya cukup Tinggi, yaitu Ibrahima Konate dari RB Leipzig. Lalu bursa transfer MU yang tidak tanggung – tanggung mendatangkan pemain diantaranya Jadon Sancho dari Dortmund Ravael Varane dari Real Madrid dan Cristiano Ronaldo dari Juventus. Bursa transfer Manchester City juga memecahkan rekor transfer saat jack Grealish berlabuh ke Ettihad Stadium. Yang terakhir bursa transfer Chelsea yang mendatangkan kembali Romelu Lukaku yang terjadi pada bursa transfer chelsea 2021 atau tepatnya bursa transfer musim panas 2021.

Berita Transfer

bursa transfer atau berita transfer di kompetisi ini selalu terjadi dengan nominal yang tidak sedikit seperti berita Transfer Pemain dari beberapa Klub. Seperti berita transfer Arsenal saat mereka mendatangkan dua pemain bintang yaitu mesut Ozil dan Alixis Sanchez dari La Liga Spanyol. Ketika Berita transfer Chelsea yang mendatangkan duo pemain Timnas Jerman Timo Werner dan Kai Havertz. Berita Transfer Manchester City ketika mendatangkan Sergio Aguero. Juga tak mau ketinggalan Berita transfer Liverpool ketika mereka mendatangkan Mohammed Salah dan berita transfer MU saat reuni dengan mantan pemainnya dulu Cristiano Ronaldo.

Baca juga :

PIALA FA

LIGA CHAMPIONSHIP INGGRIS

WHITE HART LANE

STADION TOTTENHAM HOTSPURS

KLASEMEN LIGA INGGRIS PEKAN KE-21

Sejarah sepak bola

HAYAO KAWABE GABUNG WOLVES

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: