Blackburn Rovers FC dan Sejarah Singkatnya

Dalam sejarah Liga Premier Inggris, hanya ada tujuh klub yang memenangkan kompetisi. Yaitu Manchester United, Manchester City, Arsenal, Chelsea, Leicester, Liverpool dan Blackburn Rovers. Blackburn juga dapat membanggakan dengan dua gelar Divisi Pertama, enam Piala FA, dan satu Piala Liga Sepakbola. Selain itu, mereka juga termasuk yang menjadi anggota pendiri Football League dan Premier League.

Artikel Lainnya :

KLASEMEN LIGA INGGRIS

HAK SIAR LIGA INGGRIS

PIALA LIGA INGGRIS

Sejarah Blackburn Rovers

Klub Sepak Bola Blackburn Rovers berdiri pada tahun 1875 oleh Arthur Constantine dan John Lewis. Mereka adalah dua pemuda yang mempunyai  ide untuk membentuk satu klub yang memenuhi syarat untuk bermain di bawah aturan Asosiasi Sepak Bola Inggris. Hampir sejak awal terbentuk, klub menempatkan namanya pada daftar klub yang pernah  memenangkan tiga trofi Piala Fasecara  berturut-turut antara tahun 1884 hingga 1886.

Blackburn adalah salah satu klub pertama yang merupakan bagian dari perubahan sejarah sepak bola inggris, di mana klub sepak bola dengan latar belakang kelas pekerja mengambil alih permainan dari klub yang terkait dengan sekolah, seperti Universitas Oxford, Old Carthusians, dan Old Etonians.

Bersama dengan sebelas klub lainnya, Blackburn adalah anggota pendiri Football League pada tahun 1888. Dua tahun kemudian, kalah dari popularitas klub yang baru berdiri membuat mereka harus pindah ke Ewood Park, sebuah stadion yang akan tetap menjadi rumah mereka hingga hari ini. Langkah itu diikuti dengan mengklaim dua Piala FA tambahan pada tahun 1890 dan 1891.

Degradasi ke Divisi II

Dengan dua gelar Divisi Pertama pada tahun 1912 dan 1914, sepertinya Blackburn siap menjadi salah satu raksasa sepak bola Inggris. Tetapi Perang Dunia I dan penurunan kualitas Tim berikutnya akhirnya membuat klub tersebut keluar dari daftar raksasa sepak bola Inggris. Kemenangan Piala FA 1928 merupakan  trofi terakhir Blackburn selama tujuh dekade berikutnya dan mereka juga harus turun kasta ke Divisi Kedua.

Pada awal tahun 90-an, Blackburn masih kokoh di Divisi II. Tapi nasib mereka berubah ketika klub itu dibeli oleh raja baja lokal Jack Walker. Dia adalah pendukung setia Blackburn sejak masa kecilnya. Walker tidak memiliki masalah dengan menginvestasikan sejumlah besar uang untuk klub. Setelah penunjukan Kenny Dalglish sebagai manajer pada tahun 1991, Blackburn berhasil mendapatkan promosi tepat pada waktu itu untuk bergabung dengan Liga Premier Inggris yang baru terbentuk.

Kembali ke Liga Premier

Begitu berada di papan atas, Walker melangkah lebih jauh dengan memecahkan rekor transfer Liga Inggris dengan membayar 3,5 juta pound untuk  Alan Shearer yang sangat berbakat. Akuisisi yang cerdik inilah yang menyebabkan Blackburn mencapai kejayaan lagi. Perpaduan antara Shearer dan Chris Sutton yang sukses menghasilkan lebih dari 50 gol di antara mereka berdua, Blackburn memenangkan gelar Liga Premier pada tahun 1995.

Kisah Cinderella itu, merupakan akhir dari masa Blackburn dalam sorotan pemberitaan media. Chris Sutton yang cedera sedangkan pemain kunci seperti David Batty dan Alan Shearer, pindah ke klub lain. Dengan keaadaan tersebut,  tim juara ini menjadi keropos. Dan pada akhirnya, klub terdegradasi dari Liga Premier pada tahun 1999. Meninggalnya Jack Walker pada tahun 2000 yang berarti bahwa Blackburn tidak lagi memiliki kekuatan ekonomi yang sama.

Pada tahun 2002, Blackburn memenangkan trofi terakhirnya dengan mengalahkan Tottenham Hotspurs 2-1 di final Piala Liga.

Info dasar

Berdiri : 1875

Negara : Inggris

Kota : Blackburn

Stadion

Oozehead Ground (1876-1877)

Pleasington Cricket Ground (1877-1878)

Alexandra Meadows (1878-1881)

Learnington Road (1881-1890)

Ewood Park (1890- Sampai Sekarang)

Prestasi

Divisi Pertama/Liga Primer Inggris : 3

Piala FA : 6

Piala Liga Inggris : 1

Rekor klub

Game yang paling banyak dimainkan : Derek Fazackerley (596)

Pencetak gol terbanyak : Simon Garner (192)

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: