Birmingham City FC Sejarah Singkat

Birmingham City Football Klub adalah saudara muda dari Aston Villa. Apabila  dibandingkan dengan kesuksesan di lapangan sepak bola. Aston Villa lebih baik dari Birmingham City FC, karena mereka lebih banyak memenangkan beberapa tropi daripada Birmingham FC.  Birmingham FC belum pernah memenangkan gelar di Liga Premier Inggris  ataupun Piala FA. Pencapaian terbaik mereka di Piala FA hanya mencapai final Piala FA dua kali, itu juga jauh sebelum era sepakbola modern, yaitu pada tahun 1931 dan 1956. Mereka telah berhasil bermain beberapa musim di Liga Premier Inggris, tetapi mereka lebih sering  berada di divisi bawahnya.

Sejarah Birmingham City FC

Birmingham City Football Club merupakan  sebuah klub sepak bola dari Inggris yang berasal dari kota Birmingham. Klub berdiri pada tahun 1875. Birmingham berdiri setahun setelah Rival sekotanya yaitu Aston Villa FC terbentuk. Pada awalnya Birmingham bernama  Small Heath Alliance yang mendirikannya adalah anggota Gereja the Holy Trinity Church. Yang terbentuk untuk kumpulan orang yang menyukai Kriket saja.

Seiring berjalannya waktu Small Heath memulai mencoba pengalaman mereka pada olah raga sepak bola. Dan berkompetisi di  liga sepak bola  The Combination yang baru terbentuk, kompetisi ini  yang mencakup tim di wilayah Midland dan Utara Inggris. Namun Kompetisi ini telah berakhir, bahkan satu musim pun belum usai. Setelah itu Small Heath berpartisipasi dalam Football Alliance pada musim berikutnya. Small Heath tidak mendapatkan awal yang mengesankan di dua musim kompetisi  liga ini. Pada musim pertama di Football Alliance mereka finis ketiga dari bawah dan hanya terbesar kedua di kota mereka, FC Birmingham St George tampil lebih baik. Pada musim 1891-92, Small Heath baru mengesankan di kompetisi ini dan berhasil  finis posisi ketiga klasemen Football Alliance dan terpilih masuk ke Divisi Kedua Liga Sepakbola Inggris sedangkan FC Birmingham St George resmi dibubarkan.

Klub tersebut setelah 30 tahun dari masa terbentuknya, kemudian berganti nama menjadi Birmingham City FC.

Klub ini memainkan pertandingan kandangnya di Stadion St Andrews yang berkapasitas sekitar 30.000 penonton. Warna biru menjadi warna Seragam kebanggaan  mereka. Klub ini memiliki rival sekota, yaitu Aston Villa.

Pencapaian Liga Premier Inggris

Birmingham FC belum bisa berbuat banyak di kompetisi Liga Premier Inggris. Mereka hanya menjadi tim yang hanya singgah di kompetisi tertinggi liga inggris tersebut. Pencapaian terbaik mereka hanya Finis di posisi sembilan pada musim 2009-2010. Akan tetapi musim selanjutnya mereka harus terdegradasi kembali ke divisi Championship. Perolehan Trofi Piala Liga inggris saja yang bisa mereka banggakan sebanyak 2 kali yaitu pada musim 1963 dan 2011.

Fakta dasar

Didirikan: 1875

Negara: Inggris

Kota: Birmingham

Stadion

Ladypool Road (1876–1877)

Muntz Street (1877–1905)

St Andrew (1905– sampai Sekarang)

Prestasi

Piala Liga Inggris : 2

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: