Aston Villa Coutinho Resmi Kontrak Permanen

Philippe Coutinho resmi  bergabung secara permanen dengan Aston Villa dari Barcelona. Sebelumnya Coutinho pindah ke Aston Villa pada bursa transfer Januari 2022 dengan status pinjaman selama  enam bulan. Pemain internasional Brasil  sekarang telah membuat kepindahannya permanen dalam kesepakatan € 20m (£ 17m) dan menyetujui kontrak dengan durasi empat tahun.

Coutinho, awalnya bergabung ke Aston Villa dengan meminjamnya selama enam bulan atau sampai akhir musim Liga Premier Inggris pada Bursa Transfer Januari 2022. Steven Gerrard berharap dan berusaha membujuk mantan rekannya di Liverpool itu untuk pindah ke Villa Park secara permanen. Dan keinginan sang pelatih tersebut terkabulkan dengan kesedian sang pemain juga untuk bertahan di Villa Park.

Pemain internasional Brasil itu, melakukan debutnya di Villa sebagai pemain pengganti ketika melawan Manchester United pada 15 Januari 2022. Sejauh ini Coutinho telah menyumbangkan empat gol dan tiga assist dalam 16 penampilannya di Liga Inggris.

Pihak Barcelona mengatakan mereka telah menyetujui klausul penjualan dengan Villa yang akan memberi mereka hak 50 persen dari biaya apa pun, jika Aston Villa menjual kembali Coutinho ke Klub lain.

Coutinho Mengecewakan di Barcelona

Sebelum bergabung dengan Aston Villa Coutinho sempat dipinjamkan ke FC Hollywood karena penampilannya kurang memuaskan selama di Barcelona. Selama Di Munich Cotinho cukup sukses dengan mempersembahkan Liga dan Piala Domestik, bahkan Liga Champions. Dia juga cukup berkontribusi saat bersama FC Bayern, tetapi masa pinjamannya berakhir. Bayern pun tidak sanggup mempermanenkannya karena pada saat itu harga Coutinho masih cukup mahal.

Coutinho bergabung dengan Barcelona dari Liverpool dengan nilai transfer £146 juta pada Januari 2018 dan kemudian mencetak 26 gol dalam 106 pertandingannya untuk Barcelona. Namun, ia gagal memenuhi harapan Klub karena penampilannya tidak sesuai dengan  biaya transfernya yang besar dan kemudian. Barcelona meminjamkannya ke Bayern Munich untuk musim 2019-20 di tengah perjuangannya untuk bisa masuk ke tim Utama Barca.

Pemain yang pernah membela Klub Seria A, Inter Milan itu  gagal berkembang di Barcelona. Dia kesulitan dan tidak bisa menyatu dengan permainan Barcelona, hingga  dia pun tidak punya tempat di tim Utama Barcelona. Walaupun Kesepakatan ini  menyertakan klausul keuntungan 50 persen dari penjualan di masa depan. Tetapi, Barcelona tetap saja mengalami kerugian senilai £130 juta dari harga yang awal mereka beli dari Liverpool pada tahun 2018 silam.

Performa Coutinho Musim Ini?

Sebelum pindah ke Aston Villa, Coutinho juga mulai menunjukan permainan terbaiknya pada awal musim 2021-22 di Barcelona. Saat di latih Ronald Koeman maupun Xavi Hernandez dia mulai dipercaya untuk menjadi Tim Utama Barcelona. Tetapi, Dia lebih memilih bermain di Liga Premier Inggris dengan alasan kedekatannya dengan sang pelatih Aston Villa, Yaitu Steven Gerard saat dulu mereka masih bermain bersama di Anfield.

Coutinho sejak bergabung dengan Aston Villa memberikan kontribusi yang cukup baik, Dia terlibat dalam terciptanya tujuh gol dari 16 penampilannya di Liga Primer. Performanya itu membuat dirinya kembali masuk daftar pemain yang akan dipanggil tim nasional Brasil menjelang Piala Dunia 2022 di Qatar juni mendatang.

Aston Villa bukanlah Klub besar dan Kaya raya dan tidak memiliki catatan sejarah mendatangkan pemain bintang dari Barca. Kedatangan Coutinho ke Aston Villa ini menjadi  keunikan tersendiri bagi Klub.  Coutinho bersedia bergabung dengan Klub Biasa – biasa saja di Liga Premier Inggris karena ia memiliki hubungan yang baik dengan Gerrard sebelumnya. Saat mereka masih bermain bersama di Liverpool.

Kontribusi Besar Philippe Coutinho di Aston Villa

Meski baru beberapa bulan bermain untuk Aston Villa, Coutinho langsung memberikan kontribusi yang sangat besar bagi klub. Dia juga mulai menikmati kebangkitannya dalam bermain setelah menurun sejak pergi dari Liverpool. Datang ke Villa Park merupakan keputusan yang tepat bagi Coutinho. Karena gaya permainan di Liga Premier Inggris sudah tidak asing lagi bagi Coutinho, bahkan bentuk permainan terbaiknya terjadi di Kompetisi ini.

Aston Villa cukup beruntung dan cerdas dalam mendatangkan pemain ini. Mereka berhasil mempermanenkan Coutinho dengan biaya yang cukup terjangkau, yaitu 20 juta euro. Cukup jauh berbeda dengan harga sebelumnya ketika Barcelona mendatangkannya dari Liverpool dengan nilai 135 juta euro pada tahun 2018 silam.

Meski Aston Villa belum mampu menembus Zona Eropa musim 2021-22 ini. Klub berharap dengan status permanennya kini, bisa memberikan efek positf dan insoirasi ke dalam Skuad Aston Villa musim- musim berikutnya. Termasuk untuk bisa bersaing di Zona Eropa di Klasemen Liga Inggris ke depannya.

Klub EPL lainnya juga sebelumnya sempat tertarik untuk mendapatkan jasanya. Seperti minat dari Arsenal, West Ham United dan Newcastle United. Dia lebih memilih bertahan di Villa Park. Philippe Coutinho rela mendapat pemotongan gaji yang cukup besar untuk mengamankan transfer permanennya ke Aston Villa dari Barcelona. Menurut sebuah laporan, dia mendapat gaji yang lebih rendah saat dia bermain di Barcelona, yaitu sebanyak 70% gajinya sekarang di Aston Villa.

Tinggalkan Balasan

Masukan Alamat Email Anda

You have successfully subscribed to the newsletter

There was an error while trying to send your request. Please try again.

Sudut Bola will use the information you provide on this form to be in touch with you and to provide updates and marketing.
%d blogger menyukai ini: